8+ Penyebab dan Ciri-ciri Sakit Kista Beserta Cara Ampuh Mengobatinya

Loading...

Penyebab dan ciri-ciri sakit kista –┬áKista merupakan salah satu penyakit yang menyerang ovarium atau rahim pada wanita.

Meski bahayanya tidak sebesar penyakit tumor dan kanker, namun kista yang tidak ditangani dan diobati dengan benar dapat menyebabkan terganggunya kesuburan wanita, sehingga wanita yang memiliki kista menurunkan kemungkinan untuk hamil.

Sehingga penting untuk mengenali penyebab, tanda2 kista dan pengobatannya.

Penyebab Dan Ciri-ciri Sakit Kista Serta Jenisnya

Ukuran kista yang harus dioperasi

miom.autoimuncare.com

1. Kista Korpus Luteum

Kista korpus luteum merupakan kista yang terjadi pada salah satu bagian dari ovarium yang disebut dengan korpus luteum.

Fungsi dari bagian ini sebenarnya untuk memproduksi hormon estrogen dan progesteron yang mengatur ovulasi (pelepasan sel telur).

yang menjadi apa penyebab penyakit kista korpus lutem adalah karena penyumbatan yang terjadi pada lubang ovulasi menyebabkan penumpukan cairan pada bagian tersebut sehingga menyebabkan timbulnya kista.

Kista pada bagian ini sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya maupun beresiko untuk pecah

2. Kista Folikel

kista folikel terjadi akibat terganggunya folikel sel telur. Folikel dapat membengkak karena terisi cairan lalu mengeras menjadi kista.

Kista folikel ini juga sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu.

3. Kista Dermoid

Kista dermoid berasal dari sel dalam rahim yang belum berkembang menjadi ovum atau sel telur dan pada umumnya tidak bersifat ganas.

Namun isi dari kista tersebut berpotensi menjadi beberapa macam organ tubuh yang sifatnya abnormal seperti tulang, gigi, rambut, darah bahkan kulit.

Kista dermoid ini lebih besar kemungkinan terjadinya pada wanita yang berusia di bawah 40 tahu.

Meskipun jarang yang sifatnya ganas seperti kanker namun ukuran diameter kista ini bisa mencapai 20 cm dan ini adalah ukuran kista yang harus dioperasi untuk meminimalisir resiko pecahnya kista dan tumpahnya isi kista tersebut di dalam rahim.

4. Kista Denoma

Kista denoma dipengaruhi oleh sel-sel jaringan yang berasal dari luar ovarium dan biasanya menyerang wanita yang berusia di atas 40 tahun.

Kista denoma dibagi menjadi 2 macam, yakni kista denoma serosa dan kista denoma musinous.

Kista denoma serosa diakibatkan oleh pengaruh sel dan jaringan di luar ovarium dan umumnya ukurannya kecil.

Sedangkan kista denoma musinous disebabkan oleh hal yang sama namun dapat berkembang ukurannya menjadi sangat besar, hingga 35 cm.

Tidak bersifat ganas namun sangat berpotensi mengganggu rahim dan kehamilan.

Gejala Dan Ciri-ciri Sakit Kista

ciri2 kista sudah sembuh

klinikgraciajakarta.com

Sebenarnya, sangat jarang penyakit kista dapat memunculkan gejala-gejala terutama untuk kista yang fungsional.

Bahkan banyak wanita yang tidak menyadari adanya gejala penyakit kista.

Hanya saja, pada beberapa kasus, kista menyebabkan beberapa keluhan dan ini bisa jadi indikasi bahwa kista memang sudah harus diobati.

Perhatikan, gejala penyakit kista hampir mirip seperti gejala penyakit tumor dan kanker pada ovarium sehingga perlu diwaspadai.

Beberapa keluhan seputar indikasi adanya penyakit kista di antaranya adalah: nyeri panggul saat berhubungan seks maupun terjadi di luar siklus menstruasi, berubahnya siklus menstruasi atau menstruasi menjadi tidak teratur dan abnormal serta muncul keputihan yang tidak normal.

Selain itu, kista juga menyebabkan beberapa keluhan lain seperti perasaan penuh dan tertekan pada perut, perut terasa kembung dan agak mual, sering buang air kecil karena kista menekan kandung kemih dan mengalami gangguan buang air besar seperti sembelit karena kista menekan usus.

Kista juga biasanya menyebabkan benjolan pada perut bagian bawah dan dapat terasa saat diraba.

Jika Anda sudah mengalami ciri-ciri sakit kista seperti di atas, maka sudah patut dicurigai.

Anda bisa segera berkonsultasi pada dokter kandungan untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Selain operasi, ada beberapa cara menghilangkan kista secara alami.

Sekalipun tidak benar-benar menghilangkan kista, namun setidaknya dapat mencegah kista menjadi lebih parah.

Cara menghilangkan kista secara alami

1. Mengobati Kista Dengan Minyak Jarak

cara menghilangkan kista

hellosehat.com

Fungsi dari minyak jarak adalah untuk meluruhkan semua jaringan yang abnormal seperti kista, melancarkan peredaran darah dan dapat mengatasi gangguan menstruasi.

Selain itu Anda juga bisa mengunakannya sebagai obat tradisional untuk penyakit batu empedu.

Cara menggunakannya adalah dengan meneteskan minyak jarak pada sebuah handuk yang seukuran dengan perut Anda.

Siapkan botol berisi air hangat untuk mengompres.

Tempatkan handuk yang sudah ditetesi minyak jarak pada perut Anda lalu letakkan botol kompres di atasnya dan tutup dengan kain tebal.

Diamkan selama 20-30 menit lalu bersihkan perut Anda yang sudah dikompres dengan handuk yang masih bersih dan kering.

2. Konsumsi cuka apel

Cuka apel mengandung kalium yang sangat disarankan untuk pengobatan penyakit kista yang masih kecil, kalium dapat meluruhkan kista dan ini merupakan cara yang tidak menimbulkan efek samping.

Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampurkan 1-2 sendok teh cuka apel ke dalam segelas air hangat dan minum setiap hari di luar masa menstruasi.

Jika Anda memiliki masalah dengan tengorokan yang sakit, cuka apel juga bisa dijadikan obat alami radang tenggorokan yang menyiksa.

3. Konsumsi jus buah bit

Buah bit mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi dan beberapa nutris penting untuk kesehatan tubuh.

Buah bit merupakan salah satu makanan penghilang kistajika dikonsumsi secara rutin.

Buah bit mengandung betasianin yang berfungsi sebagai penghilang racun. Buah bit dapat dikonsumsi langsung dengan cara dikukus atau dibuat menjadi jus.

4. Mandi menggunakan garam Epsom

Garam Epsom atau garam inggris juga membantu proses penyembuhan penyakit kista.

Garam inggris mengandung magnesium yang tinggi dan dapat membantu merilekskan otot panggul, mengurangi ukuran kista dan menghilangkan nyeri panggul akibat kista.

Larutkan secangkir garam inggris ke dalam bak mandi berisi air hangat lalu berendamlah selama kurang lebih 30 menit saat Anda sedang tidak menstruasi.

5 Minum teh hijau atau teh chamomile

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang kandungan antioksidan dan senyawa kimia lainnya lebih tinggi dibanding jenis teh lainnya.

Sehingga dapat membantu mengatasi perkembangan kista dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain teh hijau, ada juga teh chamomile yang memiliki efek yang sama seperti teh hijau.

Keduanya dapat memperbaiki siklus menstruasi, melancarkan peredaran darah dan mengatasi stress.

6. Konsumsi kacang almond

cara mengatasi kista

watchfit.com

Kacang almond merupakan makanan penghilang kista lainnya. Kacang almond memiliki rasa yang gurih dan khas, kaya akan kalsium dan magnesium sehingga dapat memperkecil ukuran kista dan meredakan rasa nyeri.

Anda dapat mengonsumsinya secara langsung sebagai camilan atau mengonsumsi susu almond tanpa gula dan menggunakan minyak almond untuk mengompres perut.

7. Hindari makanan-makanan pencetus kista

Makanan yang mengandung lemak dan natrium yang cukup tinggi seperti gorengan, udang, kepiting, cumi, mi instan dan junk food merupakan pantangan kista.

Makanan-makanan seperti ini sebaiknya dihindari jika Anda tidak ingin terkena penyakit kista atau kista Anda menjadi semakin parah.

8. Konsumsi buah dan sayuran segar

Mengonsumsi buah dan sayuran segar yang diolah secara sehat dan higienis juga dapat meminimalisir resiko keparahan kista ovarium dan menjadi cara mengatasi kista yang paling mudah.

Itu dia tadi penyebab, gejala dan pengobatan kista secara alami.

Jika Anda sudah tidak mengalami gejala-gejala kista seperti di atas, maka itu bisa jadi ciri2 kista sudah sembuh.

Leave a Reply


Loading...