Ukuran Lapangan, Peraturan dan Teknik Dasar Bermain Sepak Takraw

Loading...

Sepak Takrow

Permainan Bola Takraw-Tahun 90’an permainan ini cukup populer di kampung-kampung. Namun, memasuki era melenium olahraga ini hampir-hampir punah karena tidak lagi terdengar gaungnya, kalah dengan olahraga populer seperti Badminton, dan sepakbola.

Perlu kita akui bahwa permainan sepak takraw adalah permainan yang sulit, beresiko cedera dan terkesan kasar, mungkin itu menjadi alasan sebagian kelompok masyarakat untuk melarang anak dan keluarganya memainkan olahraga ini.

Menurut Wikipedia, Sepak takraw adalah jenis olahraga yang mengadopsi 2 gaya permainan, yaitu sepakbola dan voli. Permainan ini menggunakan bola yang unik, yaitu bola yang berasal (terbuat) dari rotan.

Kata “takraw” berasal dari bahasa Thai yang berarti bola yang berasal dari anyaman rotan. Inilah yang menjadi asal usul nama takraw dalam istilah sepak takraw.

Menurut para ahli mengatakan bahwa sepak takraw merupakan olahraga yang terdiri dari tiga orang pemain, dan permainan ini banyak menggunakan kaki dan semua anggota badan kecuali tangan.

Olahraga ini banyak dimainkan di Asia, terutama Asia Tenggara karena permainan ini berasal dari kesultanan Melayu pada tahun 634-713 dengan nama sepak raga. Sedangkan di Filipina orang menyebutnya sipa, di Burma chinlone, di Laos disebut maradong, dan di Thailand dinamakan takraw.

Awalnya permainan ini tanpa net, kemudian baru pada tahun 1940 permainan ini dilengkapi dengan jaring net dan peraturan angka.

permainan sepak takraw

Permainan ini mengadopsi cara bermain bola voli, hanya ada sedikit perbedaan, yaitu pemain :

  1. Tidak diperbolehkan menyentuh bola dengan tangan, dengan alasan apapun;
  2. Boleh memantulkan bola 3 kali berturut-turut; dan
  3. Sedangkan pemain bertahan tetap ditempat, tidak diputar.

Asosiasi yang menaungi olahraga sepak takraw di Indonesia adalah Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia ( PERSETASI ). Juga sempat menggunakan nama Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia (PERSERASI) pada tahun 1971 – 1986.

Indonesia telah mendaftarkan diri dalam ajang sepak takraw Internasional yang bernama International Sepak Takraw Federation (ISTAF). Sedangkan di Asia, Indonesia terdaftar sebagai anggota Asian Sepak Takraw Federation (ASTAF).

Tehnik Dasar Sepak Takraw

memblok serangan di sepak takraw

danang39.blogspot.com

Menurut Ratinus Darwis dalam bermain sepak takraw, pemain setidaknya memiliki dan menguasai 9 tehnik dasar, yaitu:

Loading...
  1. Sepak Sila

    Sepak sila adalah tehnik menerima dan menimang bola, mengumpan dan menyelamatkan serangan lawan dengan cara menyepak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam.

  2. Sepak Kuda (Sepak Kura)

    Sepak kuda atau sepak kura adalah tehnik menyelamatkan bola dari serangan lawan, memainkan bola dengan usaha menyelamatkan bola dan mengambil bola yang sangat rendah dengan menggunakan kura kaki atau dengan punggung kaki.

  3. Sepak Cungkil

    Sepak cungkil adalah tehnik mengambil bola yang jauh, rendah dan bola-bola yang liar pantulan dari bloking dengan menggunakan kaki (jari kaki).

  4. Menapak

    Menapak adalah tehnik mensmash ke pihak lawan, menahan atau membloki smash dari pihak lawan dan menyelamatkan bola liar di sekitar jaring net dengan menggunakan telapak kaki.

  5. Sepak Simpuh atau Sepak Badek

    Sepak badek adalah tehnik menyelamatkan bola dari pihak lawan dan mengontrol bola dalam usaha penyelamatan dengan menggunakan kaki bagian luar atau samping luar.

  6. Main Kepala (heading)

    Main Kepala (heading) adalah tehnik menerima bola pertama dari pihak lawan, dengan menggunakan kepala untuk meyelamatkan bola dari serangan lawan.

  7. Mendada

    Mendada adalah tehnik mengontrol dan memainkan bola dengan menggunakan dada, untuk dapat dimainkan selanjutnya.

  8. Memaha

    Memaha adalah tehnik atau usaha mengontrol dan memainkan bola dengan menggunakan paha dalam, tehnik ini digunakan untuk menahan, menerima dan menyelamatkan bola dari serangan lawan.

  9. Membahu

    Membahu adalah tehnik atau usaha memainkan bola dan mempertahankan dari serangan pihak lawan yang mendadak dengan menggunakan bahu dalam dimana pihak pertahanan dalam keadaan terdesak, tersudut dan dalam posisi yang kurang baik.

Perlengkapan bermain Sepak Takraw

1. Lapangan Sepak Takraw

ukuran lapangan sepak takraw

dodolanweb.blogspot.co.id

a. Lapangan Ukuran Lapangan sepak takraw P x L : 13.42 meter x 6,10 meter.
b. Garis Batas: adalah garis (lines) yang lebarnya kurang-lebih 5 cm, jika di dalam ruangan bisa menggunakan lakban hitam yang lebarnya 4 cm.
c. Lingkaran Tengah: tempat yang digunakan untuk melakukan sepakan permulaan (service), lingkaran tengah berdiameter 61 cm.
d. Garis seperempat lingkaran,
e. Pada penjuru tengah kedua lapangan terdapat garis seperempat lingkaran, yaitu tempat melambungkan bola kepada pemain yang melakukan sepakan permulaan (service) dengan jari-jari 90 cm.

2. Tiang Jaring Net

a. Dua buah tiang sebagai tempat pengikat jaring, didirikan pada sebelah luar kedua garis samping kiri dan kanan dengan jarak 30-31 cm dari garis lapangan samping.

b. Tinggi tiang untuk laki-laki 1,55 meter dengan minimal bagian tengah 1,52 cm, dan

c. Tinggi tiang untuk perempuan 1.45 meter dengan minimal bagian tengah 1,42 cm.

 

3. Jaring Net

a. Jaring dibuat dari bahan benang yang kuat atau dari nylon dengan ukuran lubang-lubangnya 3-7 cm.

b. Lebar jaring 72 cm dan panjangnya tidak lebih dari 6,15 m.

c. Untuk memperkuat jaring net, Pada pinggir atas, bawah dan samping dibuat pita selebar kira-kira5 cm dandisertai tali untuk diikatkan pada kedua ring. Tinggi jaring 1,55 m dari tanah/lantai.

 

4. Sistem Perhitungan Angka Dalam Sepak Takraw

susunan para pemain sepak takraw

Bukusekolah.org

a. Angka kemenangan 21 pont, jika ketika pada skor 20-20 maka akan diadakan penambahan point sebanyak 2 poin,

b. Istirahat pada set pertama kurang lebih 2 menit,

c. Jika antara set 1 dan set 2 ada dua tim yang menang maka akan ditambah satu set pertandinagn dan ditandae dengan tea break, adapun maksimal poin dalam set ini adlah 15. Dan berlaku penambahan angka ketika skor 14-14.

d. Perhitungan menggunakan Relly poin.

 

5. Bola takraw

a. Bola putra : a. Lingkaran 42-44 cm dengan berat 170-181 gram, dan

b. Bola putri : Lingkaran 43-45 cm dengan berat 150-161 gram.

One Response

  1. wooclip @Download streaming free March 11, 2016

Leave a Reply


Loading...