10 Pulau Terbesar Di Dunia, No.3 Bikin Bangsa Indonesia Bangga

Loading...

Pulau Terbesar Di Dunia – Dunia ini terdiri dari kepulauan, dengan ukuran dan bentuk yang berbeda-beda. Lalu apa saja pulau terluas di dunia? Apakah pulau di indonesia termasuk.

Di dunia, ada banyak sekali pulau. Dari yang ukurannya kecil sampai memiliki luas lebih dari 100 ribu km persegi. Ada negara yang berpenduduk dan tak berpenduduk.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, indonesia juga memiliki pulau paling luas. Lalu apa itu sebenarnya pulau.

Pulau merupakan sebidang tanah yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan benua dan ukurannya lebih besar dibandingkan karang dan juga dikelilingi oleh air.

 

Urutan Pulau Luas Negara
1 Greenland 2.175.600 Divisi otonomi Denmark
2 Nugini (Papua) 785.753 Indonesia dan Papua Nugini
3 Kalimantan 743.330 Indonesia, Brunei dan Malaysia
4 Madagaskar 587.041 Madagaskar
5 Pulau Baffin 507.451 Kanada
6 Sumatra 473.481 Indonesia
7 Honshu 227.414 Jepang
8 Britania Raya 219.000 Inggris
9 Pulau Victoria 217.291 Kanada
10 Ellesmere 196.236 Kanada

 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini 10 nama pulau paling luas di dunia yang harus anda ketahui.

1. Greenland

Greenland memiliki luas wilayah sekitar 2.13 juta km persegi. Masuk ke dalam negara denmark dan jumlah penduduknya mencapai 56 ribu jiwa.

Pulau ini mendapatkan peringkat pertama sebagai pulau terluas. 80% wilayah di greenland tertutupi oleh es. Bahkan ketebalannya mencapai 3 kilometer

Hanya bagian pesisir barat dan selatan, yang menjadi tempat tinggal penduduk greenland. Pulau ini masuk ke wilayah Amerika utara.

2. New Guinea (Papua)

Pulau new guinea ini dikenal dengan nama irian atau papua. Memiliki luas wilayah sekitar 785 ribu km persegi,

Pulau ini terdiri dari dua wilayah. Bagian barat termasuk bagian negara indonesia dan bagian timur masuk negara papua nugini.

Jumlah penduduknya sekitar 11,3 juta jiwa. Jika kita lihat, sekilas bentuk pulau papua seperti burung cendrawasih. Di pulau ini pun menjadi endemik burung cendrawasih. Puncak tertingginya adalah puncak jaya.

3. Borneo (Kalimantan)

pulau terluas di dunia

chinajialishi.com

Pulau borneo atau pulau kalimantan, menduduki peringkat ketiga di dunia. Memiliki luas sekitar 743 ribu km persegi.

Pulau borneo dibagi menjadi tiga wilayah. 73% masuk ke wilayah indonesia, 26% wilayah malaysia dan 1% wilayah brunei.

Untuk wilayah negara indonesia. meliputi kalimantan barat, utara, timur, tengah dan selatan. Sedangkan malaysia meliputi serawak dan sabah.

Pulau borneo juga dikenal sebagai pulau seribu sungai, karena memiliki banyak sekali aliran sungai yang melewati pulau ini.

4. Madagaskar

Penggemar film madagascar, pasti sudah sering mendengar tentang pulau ini. pulau yang luas wilayahnya mencapai 587 ribu km persegi ini, memiliki jumlah penduduk 22 juta jiwa

Masuk ke dalam negara madagaskar di benua afrika. Lebih tepatnya berada di lepas pesisir timur afrika dan dekat dengan samudera hindia.

Di sekitar madagaskar, juga terdapat banyak sekali pulau kecil . keindahan negara ini sangat mempesona. Banyak pantai dan hutan yang luas.

5. Baffin Island

Pulau terluas di dunia selanjutnya ada baffin island. Memiliki luas wilayah sekitar 507 ribu km persegi. Termasuk ke dalam wilayah negara kanada dan jumlah penduduknya sekitar 10,7 juta jiwa.

Baffin island tak hanya menjadi pulau terluas di dunia tetapi juga di kanada. Menjadi gugus kepulauan arti dari wilayah nuvavut, kanada.

Nama baffin island sendiri, diambil dari seorang penjalajah yang berasal dari Britania raya. Dia bernama william baffin.

6. Sumatera

Indonesia memang batas disebut sebagai negara kepulauan. Karena banyak pulaunya yang masuk sebagai pulau terluas. Salah satunya ada sumatera.,

Pulau yang luasnya 443 ribu km persegi ini memiliki jumlah penduduk sekitar 50,1 juta jiwa. Sumatera berada di paling barat dari geografi indonesia.

Sering disebut sebagai andalas. Ada beberapa provinsi di sumatera. Antara lain sumatera utara, aceh, sumatera barat, Lampung dan lainnya.

7. Honshu

Pulau honshu termasuk wilayah negara jepang. Luas wilayahnya sekitar 22 ribu km persegi. Jepang juga termasuk negara kepulauan.

Walaupun jumlahnya tak sebanyak indonesia. disini terdapat banyak sekali kota metropolitan dan menjadi negara terpadat di dunia. Karena 60% wilayah jepang ada di honshu.

8. Victoria Island

Victoria island termasuk ke wilayah negara kanada. Memiliki luas 217 ribu km persegi dan jumlah penduduk 1,8 ribu jiwa.

Kepulauan yang berada di wilayah northwest territories dan nunavut kanada ini mendapatkan peringkat ke-8. Menjadi pulau terbesar kedua di kanada setelah baffin island.

9. Greet Britain

pulau paling luas di dunia

elitecottages.co.uk

Inggris juga memiliki pulau terluas bernama greet britain. Luasnya sekitar 209 ribu km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 60,8 juta jiwa.

Greet britain atau dikenal dengan britania raya ini, berada di daerah lepas pantai barat laut eropa dan masuk ke wilayah negara united kingdom (UK).

Britani raya ini mencakup wilayah negara wales, inggris, dan skotlandia. Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, britani raya berada di urutan ketiga sebagai pulau jumlah penduduk terbanyak. Setelah pulau jawa di indonesia dan pulau honsh jepang.

10. Ellesmere Island

Ellesmere island menduduki peringkat ke 10 pulau paling luas di dunia dan peringkat ketiga terluas di kanada.

Memiliki luas wilayah sekitar 196 ribu km persegi dan jumlah penduduknya 191 jiwa wilayahnya juga masih berada di nunavut.

Ellesmere island juga menjadi tempat tinggal manusia yang paling utara, karena lokasinya dekat dengan kutub utara,

Di indonesia ada tiga pulau yang masuk ke dalam daftar tersebut. ada pulau kalimantan, papua dan sumatera. Indonesia menjadi negara kepulauan, yang terdiri dari berbagai pulau berukuran besar.

bahkan pulau lainnya pun masih termasuk ke 15 besar. Seperti pulau sulawesi di urutan 11 dan pulau jawa di urutan 13. Itulah 10 pulau terluas di dunia yang harus anda ketahui.

 

Leave a Reply


Loading...