Jenis Bunga Lavender Beserta Khasiatnya Bagi Kesehatan

Bunga Lavender atau lavendel atau Lavandula merupakan salah satu tanaman bunga yang berasal dari suku Lamiaceae dan mempunyai 25 hingga 30 spesies.

Tanaman ini berasal dari kawasan Selatan Laut Tengah hingga Afrika tropis kemudian menyebar ke beberapa Negara seperti Afrika Utara dan Afrika Timur, Arab, Eropa Selatan (Perancis) dan India.

Genus dari bunga lavender termasuk jenis tanaman menahun dan tergolong kedalam jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil.

Namun seiring berkembangnya zaman, kini tanaman ini telah banyak ditanam dan dikembang biakan oleh taman-taman di seluruh dunia, bahkan tak jarang kita temukan ia tumbuh liar di luar kawasan ia berasal, dan di sekitar rumah kita.

Banyak diantara keluarga lavender yang dibudidayakan secara luas dan komersil di daerah yang memiliki iklim sedang.

Tanaman Lavender ini umumnya dimanfaatkan sebagai tanaman hias baik di rumah maupun di taman, bisa juga sebagai herbal atau kuliner,  serta dijadikan sebagai bahan baku dalam industri parfum karena memiliki araoma yang wangi.

Adapun Spesies yang paling banyak dibudidayakan adalah jenis Lavandula angustifolia atau sering disebut sebagai lavender.

Ciri-ciri tanaman lavender

beli bunga lavender

www.hotel-r.net

Tanaman lavender memiliki daun yang cukup beragam sesai subgenusnya. Umumnya tanaman ini memiliki daun bergigi pinnately, atau menyirip dan daunnya ditutupi rambut-rambut halus atau bulu burung yang mengandung minyak esensial.

Sedangkan bentuk bunganya seperti bunga alang-alang atau berkoloni dalam satu tangkai dengan beberapa varian warna seperti biru, ungu dan ada sebagian lagi yang bewarna kuning, kadang-kadang ungu kehitaman atau kekuningan.

Meskipun dianggap sebagai tanaman berbunga indah, namun di sejumlah negara menanggap tanaman ini sebagai gulma seperti di Victoria, Australia dan Spanyol.

Hal itu bisa dibilang hal yang wajar karena tanaman mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan barunya, sehingga akan mudah tumbuh dimana saja.

Jika teman-teman di rumah ingin memilihara bunga yang satu ini cara cukuplah mudah, yaitu dengan menyiapkan tanah dan pupuk organik dengan skala 1 : 1.

Kondisikan tanaman ini untuk selalu kering atau setidaknya dilakukan penyiraman sehari 2 kali. Jangan sampai tanah terlalu lembab karena akan menyebabkan pembusukan pada akar tanaman.

Kemudian jangan lupa untuk meletakkannya di bawah sinar matahari langsung agar dapat berbunga secara optimal.

Klasifikasi Tanaman Bunga Lavender

Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asterids
Ordo: Lamiales
Famili: Lamiaceae
Genus: Lavandula

Manfaat bunga lavender

nama latin bunga lavender

www.gardensonline.com.au

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, Bunga berwarna ungu ini umumnya dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan parfum karena memiliki aroma yang khas dan unik.

Orang Roma kuno biasa menyebut bunga lavender dengan sebutan lavare yang memiliki arti menyegarkan.

Disamping itu juga, bunga lavender sudah sangat dekat dan akrab dengan berbagai ritual dan upacara keaagamaan romawi kuno di zaman dulu.

Namun akhir-akhir ini setelah banyak penelitian yang mengungkap tentang khasiat dan manfaat bunga lavender, banyak orang memenafaatkannya kembali sebagai bahan dasar dalam pembuatan herbal meingat beberapa senyawa yang terkandung di dalamnya.

Kandungan Bunga Lavender

Di Indonesia masyarakat kita sudah banyak mengenal bunga lavender karena bunga ini dipercaya mampu mengusir nyamuk. Namun, banyak dari kita hanya ikut-ikutan, ya walaupun itu tidak salah.

Namun pada pembahasan ini kita akan mengulas tentang senyawa-senyawa apa saja sih yang terkandung dalam bunga lavender?

Sehingga ia bisa disebut sebagai “tanaman pengusir nyamuk”. Nah, untuk menjawab rasa penasaran teman-teman di rumah, mari kita simak ulasan tentang senyawa-senyawa yang terkandung dalam bunga lavender berikut ini :

  • Linalool Asetat
  • Monoterpene Hidrokarbon
  • Camphene
  • Alokasi Ocimene
  • Limonene
  • Geraniol
  • Lavandulol
  • Nerol

Minyak Lavender

lavender bunga

www.youtube.com

Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas, tanaman ini memiliki potensi komersil untuk diambil atau diekstraksi dan diambil minyak esensialnya.

Hebatnya lagi, ternayat minyak lavender mengandung senyawa antiseptik dan anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan kita. Selain itu, hasil dari ekstraksi ini juga biasanya digunakan sebagai parfum atau untuk beberapa produk kecantikan seperti sabun mandi.

Bunga lavender segar yang berkualitas bisa diekstrak untuk menghasilkan minyak atsiri atau esensial. Minyak atsiri/ esensial yang terdapat di bunga lavender dipercaya mampu menangani berbagai keluhan kesehatan secara tradisional.

Dan ajaibnya lagi tidak ada efek samping dalam penggunaannya, jika pemakaiannya sesuai aturan dan tidak berlebihan.

Salah satu jenis Lavender yang bisa dibudidayakan adalah Lavandula angustifolia (lavender Inggris), yaitu tanaman lavender yang menghasilkan minyak esensial beraroma manis.

Jenis lavender ini banyak ditanam dan dipilih oleh pembudidaya atau petani karena memiliki nilai jual yang lebih.

Nilai jual lebih yang kami maksud adalah tanaman ini bisa digunakan diberbagai produk seperti minyak aroma terapi, gel, ekstrak original, infus, lotion atau hand body, campuran teh herbal, tincture, balsem, salep, parfum, kosmetik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada juga jenis Lavandin, yaitu jenis lavender yang dihasil dari persilanagan antara Lavandula × intermedia (juga dikenal sebagai lavender Belanda).

Lavandin menghasilkan minyak esensial yang sama, namun memiliki aroma yang lebih kuat sehingga sangat cocok dijadikan sebagai biang parfum.

Mungkin kalau di Indonesia tanaman berwarna ungu ini belum banyak yang membudidayakannya. Namun beda halnya dengan di taman Lavender Fields, Provence – Perancis,  tanaman ini ditanaman dan dibudidayakan untuk kepentingan wisata dan diambil minyaknya.

Secara umum bunga lavender memiliki beberapa khasiat yang baik untuk kesehatan kita, apapun jenisnya. Untuk mengetahui khasiat dan manfaat bunga lavender, berikut ini ulasannya :

  1. Mengatasi gangguan tidur (Insomnia)

Manfaat bunga lavender

valleysleepcenter.com

Insomnia adalah sejenis gangguan atau gejala susah tidur, kalau sudah begini insomnia bisa mengganggu aktivitas dan pekerjaan kita, terutama bagi kawan-kawan yang memiliki kesibukan di pagi hari.

Mungkin selama ini kita terbiasa menggunakan obat kimia untuk mengatasi insomnia. Namun tahukah kamu, penggunaan obat kimia dalam jangka waktu yang lama akan berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kita perlu beralih ke herbal yang mampu mengatasi insomnia kita dan dalam hal ini produk bunga lavender.

Bunga lavender mengandung suatu senyawa yang mampu memperlambat kinerja dan aktivitas saraf, dengan begini gangguan tidur yang biasa kita alami bisa teratasi karena meningkatnya kualitas istirahat kita.

  1. Mampu Membuat Otot Rileks

bunga lavender di indonesia

dhonyfirmansyah.com

Bagi teman-teman yang penak dan lelah dengan aktivitas sehari-hari, pastinya sudah tidak asing dong dengan yang namanya pegal-pegal, otot terasa kaku dan tegang? Haha.

Mungkin sebagian dari kita menganggap remeh masalah ini, namun perlu kawan-kawan ketahui jika gejala ini dibiarkan terus-terusan maka akan mengundang reaksi negatif dari bagian tubuh lainnya.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut tidak ada salahnya jika kita menggunakan produk-produk herbal yang mengandung ekstrak bunga lavender.

Kemudian hirup aroma terapi bunga lavender secara perlahan dan rasakan khasiatnya, karena aromanya dipercaya mampu merilekskan otot-otot yang kaku dan dapat mendatangkan rasa tenang.

Dan masih banyak lagi yang lainnya, seperti: Mengasi Iritasi Perut, Supaya Mood Lebih Stabil, Ampuh Atasi Kerontokkan Rambut, Terhindar dari Gigitan Nyamuk, Mengatasi Gangguan Kesehatan, Alopecia Areata atau Gejala Kerontokan Rambut, Rasa Cemas Berlebih, Depresi, Kelelahan, Stress, Bau mulut, Pengontrol Rasa Nyeri Pasca operasi, Antibakteri, Antivirus, Obat Penenang Ringan, Urat syaraf yang kaku dan tegang, Inveksi Jamur atau Kandidiasis, Jerawat, Nyeri Otot dan Sendi.

Jenis bunga Lavender

Sebagaimana halnya bunga alamanda yang telah kita bahas pada tulisan yang lalu, bunga lavender memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah:

Lavandula angustifolia

wallpaper bunga lavender

hotelioni.gr

Lavandula angustifolia (lavender Inggris,  Tapi bukan berarti bunga ini berasal dari Inggris ya) atau yang biasa dikenal sebagai lavender berdaun sempit (arti angustifolia: daun sempit) merupakan salah satu jenis tanaman berbunga yang berasal dari kawasan Mediterania (Spanyol, Perancis, Italia, Kroasia dll).

Sebagaimana tanaman lavender lainnya tanaman Ini tergolong tanaman semak aromatik yang mamapu tumbuh hingga setinggi 1 – 2 meter.

Daun hijau nya memiliki panjang 2-6 cm dan berdiameter 4-6 milimeter. Bunganya berwarna merah muda-ungu.

Lavandula latifolia

gambar pemandangan bunga lavender

dbiodbs.units.it

Lavandula latifolia ( artinya”berdaun lebar”.) atau lavender Portugis merupakan salah satu jenis tanaman berbunga yang berasal dari Mediterania bagian Barat , seperti Portugal,  Italia Utara ( Liguria ), Spanyol dan Perancis Selatan.

Jika dibandingkan dengan Lavandula angustifolia aroma Lavandula latifolia boleh dibilang lebih kuat, serta lebih tajam.

Ciri-ciri: tinggi tanaman 30-80 cm,  Daunnya berwarna hijau dengan panjang 3-6 cm dan lebar 5-8 mm.

Bunganya berwarna ungu pucat dengan panjang tangkai bunga berkisar antara 20-50 cm dan akan berbunga pada bulan Juni hingga September tergantung pada cuaca.

latifolia adalah Latin untuk “berdaun lebar”. The genus nama Lavandula hanya berarti lavender.

Lavandula lanata

cara merawat bunga lavender

pepinieresdekerzarch.fr

Lavandula lanata adalah salah satu jenis bunga lavender yang berasal dari Spanyol Selatan. Tanaman ini memiliki cirkhas berupa rambut atau bulu halus yang menyelimutinya mulai dari ujung batang hingga ujung bunga.

Karena memiliki bulu halus tanaman ini seolah-olah berwarna perak,terutama pada bagian daunnya. Untuk bunganya sendiri berwarna ungu tua.

Lavandula dentata (Lavender Perancis)

jenis bunga lavender

commons.wikimedia.org

Lavandula dentata adalah salah satu jenis bunga lavender aromatik yang berasal dari kawasan Mediterania, pulau-pulau Atlantik dan Semenanjung Arab (Spanyol timur, Aljazair Utara dan Maroko).

Ciri-ciri: tinggi tanaman 60 cm, daunnya berwarna hijau keabu-abuan dan berbentuk tombak dengan tepi bergigi dan bertekstur ringan seperti wol.

Bunganya berwarna ungu, dimana di bagian ujungnya berwarna ungu pucat. Musim berbunga: di akhir musim semi.

Manfaat: sebagai tanaman hias dan diambil minyak esensialnya untuk dijadikan parfum. di Murcia tanaman ini biasa digunakan sebagai obat sakit perut.

Lavandula stoechas (lavender Spanyol)

bunga lavender berasal dari negara

www.dobbies.com

Lavandula stoechas adalah salah satu jenis bunga lavender aromatik yang berasal dari kawasan Mediterania (Pesisir Timur Spanyol, Perancis selatan, barat Italia, Yunani, Bulgaria, Turki).

Ciri-ciri: tinggi tanaman 30-100 cm bahkan ada yang 2 m (subspesies luisieri). Daunnya memiliki panjang 1-4 cm dan berwarna keabu-abuan.

Bunganya berwarna merah muda dan ungu dan akan muncul di akhir musim semi dan awal musim panas dengan panjang tangkai bunga sekitar 10-30 cm .

Tanaman ini memiliki ujung bunga yang unik, bunga di bagian ujungnya mekar sebagai mana bunga-bunga yang biasa kita lihat dan berwarna ungu cerah dengan diameter berkisar antara 10-15 mm.

Manfaat: bunga lavender yang satu ini memiliki aroma yang khas sehingga biasa digunakan untuk kebutuhan parfum beraroma terapi dan dipercaya ampuh untuk mengusir serangga.

Selain itu bunganya bermanfaat untuk mengobati sakit kepala, menstabilkan emosi, pilek demam dan mual, dan menyembuhkan luka (luka dihati kamu nggak termasuk ya), rematik dan sebagai obat nyamuk.

Lavandula pedunculata

Lavandula pedunculata, merupakan salah satu jenis bunga lavender aromatik yang berasal dari kawasan Iberia, Maroko dan Turki barat.

Ciri-ciri: daun berwarna hijau keabu-abuan yang berbentuk gerigi diujung dan sempit, bunganya akan muncul di musim panas dan berwarna ungu sedangkan di bagian paling atas dari bunganyaberwarna ungu atau merah muda dan mekar.

Lavandula multifida (lavender Mesir)

arti bunga lavender

www.atouchofgreen-gardenwebshop.nl

Lavandula multifida (lavender Mesir) merupakan salah satu jenis bunga lavender yang berasal dari kawasan Mediterania Selatan, termasuk Iberia , Sisilia dan Canary Islands (Maroko, Portugal selatan dan Spanyol, norther Aljazair, Tunisia, Tripolitania, Calabria dan Sisilia, dengan populasi terisolasi di lembah Nil.).

Ciri-ciri: Batang berwarna abu-abu dan berbulu. Daunnya menyirip ganda. bunga berwarna ungu atau violet biru atau biru tua.

Manfaat: sebagai tanaman hias adan herbal.

Lavandula pinnata

Lavandula pinnata atau fernleaf lavender merupakan salah satu jenis bunga lavender yang berasal dari kawasan Canaries dan juga Madeira

Ciri-ciri:  memiliki tangkai bunga yang bercabang dan berwarna ungu, umumnya akan muncul pada musim panas, daunnya bercabang dan berwarna abu-abu

Lavandula rotundifolia

Lavandula rotundifolia merupakan salah satu jenis bunga lavender yang berasal dari kawasan Cape Verde.

Lavandula rotundifolia tumbuh di daratan tinggi seperti di pulau Santo Antão , São Vicente São Nicolau , Santiago dan Fogo (terutama daerah Pico do Fogo ).

Manfaat: Tanaman ini digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit perut.

Salvia apiana (Lavender Putih)

taman bunga lavender

www.laspilitas.com

Salvia apiana (kata apiana: lebah ataubiasa disebut  juga sage putih) merupakan salah satu jenis bunga lavender yang berasal dari daratan Amerika ( Meksiko, California, Mojave dan gurun Sonoran)

Meskipun berasal dari genus yang berbeda namun bunga sage masih atu keluarga dengan bunga lavender.

Ciri-ciri: tinggi tanaman 1,3-1,5 meter. Daun hijau hijau keabu-abuan dan mengandung minyak dan resin yang akan melepaskan aroma kuat ketika digosok.

Panjang tangkainya berkisar antara 1-1,3 meter dan umumnya berwarna putih, terkadang merah muda, dan mulai berbuang saat musim semi tiba.

Manfaat: sebagai bahan penyedap aroma makanan, seperti tepung terigu, gula, bubur atau biskuit. Akarnya dibuat teh untuk membantu proses pemulihan wanita yang telah melahirkan. Dan biasa digunakan oleh beberapa suku di Amerika untuk upacara dan ritual-ritual tertentu.

Salvia officinalis

bunga akrilik lavender

www.balkep.org

Salvia officinalis ( bunga sage taman) merupakan salah satu jenis bunga lavender yang berasal dari  genus salvia dan berasal dari wilayah Mediterania.

Ciri-ciri: tinggi tanaman 60 cm, Daun lonjong dengan panjang 6,4 cm dan lebar 2,5 cm. Daunnya berwarna hijau keabu-abuan dan memiliki bulu-bulu halus.

Bunganya berwarna putih, pink, atau ungu (paling sering) dan biasa muncul saat akhir musim semi atau musim panas.

Manfaat: sebagai bumbu pelengkap masakan di Eropa dan Barat, serta mengandung minyak esensial.

Demikianlah sekilas tentang bunga lavender semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam hangat Infosiana.net.

Leave a Reply