6 Tanaman Obat Tradisional Untuk Demam Berdarah Paling Banyak Dicari

Loading...

Tanaman obat tradisional demam berdarah – Demam berdarah adalah sebuah penyakit yang disebakan oleh infeksi virus dangue dan menular melalui gigitan nyamuk Aedes Aygepty dan Aedes Albopictus betina.

Demam berdarah sendiri dikategorikan sebagai salah satu penyakit mematikan di dunia dan tentunya berbahaya bagi Anda dan keluarga.

Selain itu, penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk ini merupakan penyakit yang berupa demam akut dan biasanya disertai pendarahan pada beberapa bagian tubuh, baik itu peredaran luar maupun peredara dalam, misalnya sistem pencernaan.

Penyakit ini patut kita waspadai bersama, terutama wanita yang sedang haid atau menstruasi. Berdasarkan data statisik, wanita yang sedang menstruasi lebih rentan terserang penyakit ini.

For your info ya guys,

Penyakit mematikan ini ternyata hanya bisa kita temukan di daerah yang beriklm tropis dan subtropis lo dan sering mewadah saat musim penghujan tiba.

Menurut data yang dihimpun oleh WHO setidaknya ada sebanyak 50-100 juta kasus infeksi yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aygepty di seluruh duia.

Jenis Jenis Demam Berdarah

Berdasarkan gejalanya, jenis penyakit demam berdarah dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Demam berdarah klasik
  • Demam berdarah dengue
  • Shock syndrome dengue

Ketika jenis di atas disebabkan oleh nyamuk betina jenis Aedes Aygepty. Untuk mencegah penyakit demam berdarah di lingkungan kita maka kita harus menjaga pola hidup yang bersih dan sehat serta  mempratekkan 3M sebagaimana yang diinstruksikan oleh puskesmas tedekat.

Gejala Demam Berdarah

Berikut ini adalah ciri-ciri atau gejala penyakit demam berdarah yang biasa menjangkiti manusia

  • Suhu badan yang tinggi dan tidak kunjung turun
  • Menurunnya jumlah trombosit dalam darah
  • Badan terasa demam atau dingin menggigil
  • Munculnya bintik-bintik merah pada pori-pori kulit

Cara menangani atau menyembuhkan penyakit demam berdarah

Buat anda atau saudara yang telah terjangkit demam berdarah ada beberapa tips agar tidak memperburuk keadaan pasien/penderita, diantaranya adalah:

  • Memperbanyak minum air putih, untuk mencegah pasien dari dehidrasi atau kekurangan cairan
  • Memperbanyak konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin c dan
  • Senantiasa berkonsultasi kepada pihak medis atau dokter terdekat agar mempercepat proses penyembuhan

Selain menggunakan resep/obat dokter, ternyata penyakit demam berdarah dapat diatasi dengan mengkonsumsi beberapa tanaman herbal atau obat tradisonal yang dipercaya berkhasiat sejak nenek moyang kita.

Meskipun masih membutuhkan beberapa penelitian lebih lanjut namun tanaman obat ini biasa dimanfaatkan oleh masyarakat kita secara turun temurun dan dipercaya mampu menyembuhkan demam berdarah.

Cara Mengobati Demam Berdarah Secara Tradisional

Tanaman-tanaman yang berkhasiat tersebut diantaranya adalah temu ireng, meniran, jambu biji, kunyit dan pepaya atau gandul.

  1. Meniran
obat untuk demam berdarah

meniran.com

Meniran atau Phyllanthus Urinaria merupakan salah satu tanaman herbal yang dipercaya mampu mengatasi demam berdarah.

Kandungan flavonoid yang terkandung didalamnya berkhasiat untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

Selain flavonoid, meniran juga mengandung beberapa senyawa yang kaya akan manfaat misalnya saja alkaloid, asam fenolat, tanin dan triterpenoid.

Selain dipercaya mampu menyembuhkan demam berdarah daun meniran juga dipercaya mengatasi beberapa penyakit diantaranya adalah:

Penyakit hati (liver), penyakit kelamin, obat batuk, diare, obat sariawan, panas dalam dan lain sebagainaya.

2. Kunyit

Tidak jauh beda dengan meniran kunyit juga dipercaya mampu mengatasi penyakit demam berdarah.

Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, kunyit atau cutcua domestica ini memiliki senyawa yang kaya akan manfaat.

Loading...

Khasiat lain dari kunyit adalah sebagai obat alami untuk penyakit infeksi saluran kencing, anti mikroba, anti virus, anti oksidan,anti tumor, anti invasi sel kanker, menghambat perkembangan tumor payudara, dan memperbaiki sistem pencernaan yang terserang penyakit.

3. Pepaya gandul

obat demam berdarah alami

Manfaatsehat.id

Pepaya gandul adalah satu diantara tanaman obat tradisional yang dipercaya mampu mengatasi penyakit demam berdarah karena beberapa senyawa yang tekandung di dalamnya.

Pepaya dipercaya mengandung beberapa senyawa yang bekhasiat diantaranya adalah kontinin, miosmin, glikosida, karposid, karpain, dan papain.

Sedangkan bagian pepaya yang memiliki keefektifan dalam menangani demam berdarah adalah terletak pada bagian daunnya.

Selain dipercaya mampu mengobati demam berdarah, daun pepaya juga berkhasiat untuk mengobati malaria, obat pencahar, cacingan, merangsang kinerja sistem ekskresi empedu serta membantu proses pencernaan.

Berdasarkan hasil penelitian para ahli, kandungan papain dalam daun pepaya memiliki efek terapi pada pasien yang menderita pembengkakan organ hati, kelamin, mata dan usus halus.

Hal ini sejalan dengan ditemukannya banyak kasus pada penderita penyakit demam berdarah yang disertai dengan membengkaknya hati.

4. Temu ireng

Temu ireng adalah salah satu tanaman obat tradisional yang berguna dalam memperbaiki kerusakan sel-sel hati yang biasa diderita oleh pasien demam berdarah.

Selain demam berdarah, temu ireng juga dipercaya mampu mengatasi luka yang terjadi pada lambung dan usus, asma, batuk, menambah nafsu makan, rematik dan meminimalisir terjadinya obesitas.

5. Jambu biji

obat herbal demam berdarah

NurMungil.com

Mirip meniran, jambu biji juga mengandung flavonoid yang berkhasiat dalam meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

Sedangkan daun jambu biji mengandung beberapa senyawa yang kaya akan manfaat, misalnya tanin, minyak atsiri, dan minyak lemak. Sedangkan buahnya kaya akan vitamin c. Lengkap banget bukan?

Dalam beberapa penelitian, tanin yang terkandung dalam daun jambu biji telah terbukti mampu memperlambat bahkan menghambat aktivitas enzim ereverse transcripstase dari virus dengue.

Berdasarkan uji klinis, mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji kering selama 5 hari dapat mempercepat tersedianya trombosit, jumlahnya >100.000/µl tanpa efek samping.

 

6. Kelapa Muda Hijau

obat herbal sariawan

sariawan.blogspot.com

  • Kelapa muda hijau 1 buah
  • Jeruk nipis 2 buah atau secukupnya sesuai selera

Cara Membuat:

Pertama, belah jeruk nipis menjadi dua, kemudian peras

Selanjutnya masukkan perasan jeruk nipis ke dalam air kelapa hijau yang telah kita siapkan

Minum larutan ini 2 x hari secara rutin,insyaalloh bisa menyembuhkan penyakit Anda dan keluarga

Kita ketahui bersama penyakit itu datang dibarengi dengan obatnya, begitulah yang terdapat pada kitab suci kita.

Obat tersebut bisa berupa kimia ataupun yang alami atau tradisional. Ulasan di atas kami tulis berdasarkan pengalaman dan ajuran warga dan orang-orang dahulu.

Jika sobat di rumah meragukan khasiat tanaman-tanaman di atas maka tidak disarankan untuk menggunakannya.

Bagi kami kalau kita bisa mengobatinya dengan cara murah dan mudah kenapa harus yang mahal. Namun,jika terapi herbal di atas belum juga membuahkan hasil, segera kunjungi puskesmas terdekat.

Demikian ulasan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam hangat infosiana.net.

 

Leave a Reply


Loading...