12 Cara dan Tanaman Obat Tradisional Untuk Kaki Bengkak yang Ampuh

Loading...

Tanaman obat tradisional kaki bengkak – Kaki bengkak adalah salah satu gangguan kesehatan yang sangat mengganggu. Kaki yang bengkak tentu akan menyulitkan kita untuk beraktivitas sehingga kegiatan sehari-hari akan terganggu.

Tidak hanya itu, kaki yang bengkak seringkali berdampak pada ketidaknyamanan yang dirasakan. Masalah ini dikenal dengan istilah edema atau adanya penumpukan cairan berlebih pada jaringan tubuh.

Adapun yang menyebabkannya terjadinya pembengkakan pada kaki diantaranya adalah:

Insufisiensi vena, Infeksi, Edema perifer, Kehamilan, Cedera, Pembekuan darah, Penyakit jantung, hati, atau ginjal.

Selain itu ada juga beberapa obat yang menyebabkan terjadinya  bengkak pada kaki, diantara obat-obatan tersebut adalah:

  • Obat tekanan darah tinggi golongan calcium channel blockers
  • Obat steroid, seperti kortikosteroid
  • Obat anti-inflamasi nonsteroid
  • Antidepresan
  • Obat-obatan yang mengandung hormon estrogen (seperti pada obat KB) dan testosteron, dan
  • Obat-obatan untuk diabetes

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa tanaman obat tradisional kaki bengkak yang terbukti ampuh untuk digunakan.

Beragam tanaman obat tradisional kaki bengkak

tanaman obat tradisional UNTUK kaki bengkak

Mallardsgroups.com

Menggunakan tanaman tradisional untuk mengatasi kaki bengkak adalah salah satu pilihan yang tepat.

Tanaman untuk mengatasi kaki yang bengkak tergolong lebih aman untuk digunakan karena tidak memiliki efek samping daripada pengobatan medis.

Ada beberapa pilihan tanaman obat yang cocok untuk mengatasi masalah ini.

1. Peterseli

Salah satu tanaman obat kaki bengkak yang bisa digunakan adalah peterseli. Ini merupakan tanaman obat yang ampuh untuk mengatasi kaki bengkak.

Tanaman peterseli memiliki kandungan obat yang sangat baik dimana dapat membantu menetralkan cairan dalam tubuh penyebab kaki bengkak.

Untuk mengaplikasikan tanaman ini sebagai obat, siapkan peterseli satu sendok teh lalu rebus dengan air dua gelas sekitar 10 menit.

Setelah mendidih, maka saring dan kemudian minum air rebusan bahan tersebut setiap hari setidaknya dua kali.

2. Mentimun

Mentimun adalah salah satu buah yang sangat sering digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Buah yang satu ini memang memiliki khasiat yang sangat banyak, termasuk diantaranya mengatasi masalah kaki bengkak yang sangat mengganggu.

Tanaman tradisional ini memiliki kandungan air yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, mentimun juga bisa mengempiskan kaki bengkak dengan cepat.

Untuk menggunakan mentimun sebagai tanaman obat tradisional kaki bengkak, maka anda tinggal mengiris mentimun dan meletakkan potongan mentimun pada bagian kaki yang bengkak. Cukup mudah, bukan?

Anda juga bisa menggunakan timun sebagai obat tradisional untuk penyakit tipes.

3. Chickweed

Bahan alami lain yang sangat baik untuk mengatasi masalah kaki bengkak adalah chickweed. Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan yang sangat ampuh untuk mengatasi edema yang anda derita karena memiliki kandungan vitamin, mineral dan gizi yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, chickweed juga mampu menghilangkan nyeri karena bengkak.

Loading...

Untuk menggunakan tanaman ini untuk obat kaki bengkak caranya cukup mudah. Ambil beberapa buah chickweed kemudian cuci bersih.

Rebus chickweed bersamaan dengan gula batu kemudian minum air rebusan tumbuhan ini setidaknya dua kali sehari untuk hasil maksimal.

4. Brokoli

Selain itu, pilihan tanaman obat kaki bengkak lain yang bisa kita manfaatkan adalah brokoli. Tanaman ini memang merupakan sayuran yang banyak dikonsumsi.

Perlu diketahui bahwa brokoli memiliki kandungan vitamin yang tinggi serta mampu mengempiskan kaki bengkak dengan cepat. Brokoli dapat digunakan sebagai obat luar.

Untuk pengobatan, anda bisa mencuci bersih brokoli kemudian memblendernya. Terapkan hasil blender brokoli sebagai lulur pada bagian kaki yang bengkak.

Delain itu brokoli mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat baik jika dijadikan obat bagi penderita sakit jantung.

5. Kubis

menyembuhkan kaki bengkak dalam semalam

boldsky.com

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk obat kaki bengkak adalah kubis. Tanaman ini cukup bagus untuk mengatasi masalah kaki bengkak karena kandungan antioksidannya yang cukup tinggi.

Untuk pengobatan, rendam kubis dalam air kira-kira setengah jam. Setelah itu, ambil kubis hasil rendaman dan tekan pada bagian kaki yang bengkak. Ulangi cara ini beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

Bagi Anda yang menderita kolesterol, kubis juga bisa kita manfaatkan sebagai salah satu sarana untuk menyembuhkan penyakit kolestrol secara alami.

Beberapa tanaman obat tradisional kaki bengkak tersebut tentu cukup mudah untuk ditemukan di sekitar kita. Dengan menggunakan bahan alami, maka kita bisa mengatasi kaki bengkak dengan aman dan cepat. Lakukan pengobatan secara teratur untuk hasil maksimal.

Cara paling enak mengatasi atau meringankan kaki bengkak dalam waktu semalam!

terapi untuk kaki bengkak ampuh

CurhatBidan.com

  • Gunakan kaus kaki kompresi, Kaus kaki yang biasa digunakan oleh olahragawan/atlit.
  • Sandarkan kaki Anda di tempat yang lebih tinggi, misalnya dinding.
  • Rendam kaki dengan garam epsom. Merendam kaki dengan air hangat yang telah dicampur dengan garam epsom selama 15-20 menit dapat mengurangi pembengkakan pada kaki.
  • Batasi asupan garam
  • Olahraga teratur. Olahraga dapat melancarkan sirkulasi darah Anda, sehingga dapat mencegah Anda dari kaki bengkak. Sebaliknya, duduk atau berdiri di satu tempat dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko kaki bengkak. Gerakan kaki Anda setiap beberapa menit saat duduk atau berdiri dalam waktu lama.
  • Turunkan berat badan, kecuali jika Anda sedang hamil

Demikianlah beberapa cara mengatasi kaki bengkak secara cepat dan alami. Semoga bisa membantu meringankan sakit yang Anda rasakan salam hangat Infosiana.net.

Leave a Reply


Loading...