5 Tanaman Obat Tradisional Maag yang Efektif dan Aman Untuk Dikonsumsi

Loading...

Tanaman obat untuk penyakit maag – Maag merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan lambung yang mana kadar asam lambung meningkat sehingga menimbulkan rasa sakit.

Penyakit ini bisa di derita oleh orang dengan pola makan yang tidak teratur. Beberapa kasus dari orang yang memiliki riwayat penyakit maag bisa saja terkena gejala typus yang bisa menyebabkan kematian. Ada beberapa tanaman obat tradisional maag yang bisa dijadikan salah satu solusi mengatasi maag.

Tanaman obat untuk penyakit maag

obat tradisional maag alami

ResepKoki.id

Untuk mencegah terjadinya penyakit maag kronis, perlu beberapa pengobatan alami sehingga tidak menimbulkan ketergantungan atau efek samping pada sistem pencernaan.

Tanaman menjadi salah satu solusi terbaik untuk mencegah terjadinya penyakit maag akut yang menyebabkan infeksi pada lambung dan bisa menjadi penyakit typus. Untuk tanaman obat herbal maag bisa dilihat berikut ini.

1. Kunyit

Kunyit yang memiliki nama latin Curcuma longa Linn ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk lambung.

Kandungan kurkumin yang terdapat didalamnya bisa merangsang kandungan empedu dalam lambung dan bisa menyembuhkan maag.

Cara pembuatannya yaitu dengan memarut kunyit dan diperas. Air kunyit ditambahkan dengan air hangat dan dicampurkan dengan sedikit madu untuk menambah rasa manis.

Jika Anda memiliki masalah dengan Amandel, Kunyit bisa menjadi salah satu solusi untuk penyakit amandel Anda dan tentunya tanpa operasi.

2. Kacang kedelai

Selain kunyit, kacang kedelai juga merupakan salah satu obat tradisional untuk penyakit maag yang mudah ditemukan dan sangat manjur khasiatnya.

Kandungan isoflavon di dalam kacang kedelai ini mampu melindungi sel dalam tubuh dari kerusakan dan juga melancarkan pencernaan.

Tidak hanya itu saja, kacang kedelai juga memiliki banyak antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Loading...

Cara pembuatan obat herbal yang satu ini yaitu dengan menyangrai kacang kedelai lalu ditumbuk sampai halus. Kemudian seduh dengan air hangat dan bisa dikonsumsi secara teratur.

3. Lidah buaya

Tanaman obat tradisional maag lainnya yang juga manjur yaitu lidah buaya. Tanaman ini memang terkenal khasiatnya dan bisa menyembuhkan beberapa penyakit kronis seperti maag. Lidah buaya bisa memberikan bantuan pada lambung untuk mencegah peradangan yang bisa menyebabkan borok di dalamnya.

Sehingga hal ini bisa mencegah terjadinya pendarahan serta mengurangi sekresi yang bisa meningkatkan asam lambung yang berlebihan.

Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan merebus lidah buaya dengan 3 gelas air kemudian disaring. Air yang sudah di saring tersebut bisa ditambahkan dengan madu dan bisa dikonsumsi sehari sekali.

Selain dijadikan obat maag alami, ternyata lidah buaya juga dipercaya mampu mengobati masalah wasir Anda.

4. Daun bandotan kuning

Daun bandotan kuning memiliki zat-zat yang bisa menurunkan asam lambung serta bisa mengobati luka pada bagian dalam lambung.

Tidak hanya itu saja, daun ini juga bisa mencegah terjadinya iritasi. Untuk membuat ramuan ini bisa dengan merebus 2 genggam daun bandotan kuning dengan 3 gelas air. Kemudian saring dan minum air yang sudAh disaring tersebut saat hangat.

5. Daun salam

tanaman obat tradisional untuk maag

www.thespruce.com

Biasanya kita hanya mengetahui bahwa daun salam digunakan sebagai salah satu penyedap masakan. Namun ternyata dibalik itu, ada khasiat yang sangat ampuh dari daun salam sebagai obat maag kronis.

Cara mengobati maag kronis dengan daun salam yaitu merebus 5 lembar daun salam yang sudah ditambahkan dengan gula batu asli.

Kemudian saring rebusan air tersebut dan dinginkan beberapa menit. Setelah itu minum saringan air daun salam setiap hari sampai maag terasa mulai sembuh.

Disampng mampu menyembuhkan maag secara alami, daun salam uga biasa dijadikan sebagai obat tradisional untuk penyakit diabetes.

Itulah tanaman obat tradisional maag yang ampuh dan terpercaya khasiatnya.

Leave a Reply


Loading...