5 Tanaman Obat Tradisional Radang Tenggorokan yang Ampuh Tanpa Obat Dokter

Loading...

Tanaman obat tradisional radang tenggorokkan – Radang tenggorokan merupakan penyakit yang bisa dialami oleh siapa saja. Bisa anak kecil ataupun orang dewasa.

Ketika menderita radang tenggorokan, akan membuat bagian tenggorokan sakit dan susah untuk menelan makanan.

Terasa kering dan gatal. Penyebab radang tenggorokan, bisa dikarenakan adanya infeksi bakteri. Penyakit ini tidak membahayakan.

Tapi kalau dibiarkan tentunya akan menganggu. Bisa membuat amandel membesar dan susah untuk menelan makanan. Jika anda malas ke dokter atau konsumsi obat, bisa gunakan tanaman obat tradisional radang tenggorokan.

Ramuan Herbal Untuk Radang Tenggorokan

obat radang tenggorokan yang alami

wallpapermania.eu

Memakai bahan alami memang lebih aman dibandingkan obat kimia. Jika dilakukan perawatan terus menerus, akan membuat radang tenggorokan cepat sembuh. Berikut ini bahan herbal yang bisa digunakan sebagai ramuan alami radang tenggorokan.

1. Cuka Sari Apel

Cuka apel bisa sering digunakan untuk bumbu makanan. Selain itu digunakan untuk menyembuhkan jerawat.

Tapi cuka apel juga bisa menyembuhkan radang tenggorokan. Kandungan asam asetet di dalam cuka apel, bisa membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan.

Cara membuat ramuannya pun sangat mudah. Anda bisa mencampurkan dengan segelas air hangat. Minum pada pagi hari setelah bangun tidur.

Pengobatan secara rutin akan menyembuhkan radang tenggorokan secara alami. Anda juga bisa menambahkan dengan sesendok madu.

Disamping itu juga Cuka apel biasa digunakan untuk menyembuhkan sakit tumit secara alami.

Loading...

2. Akar Marshmallow

Ketika mendengar akar marshmallow, mungkin anda berpikir tentang makanan marshmallow. Tapi ini berbeda.

Marshmallow merupakan sebuah tanaman bunga, dengan bunga berbentuk terompet. Di akarnya mengandung zat gelatin, yang akan membuat tenggorokan lebih lega, sehingga radang tenggorokan cepat sembuh.

Ambilah beberapa buah akar marshmallow. Jemur sampai kering. Kemudian rebus dengan dua gelas air sampai mendidih.

Minum air rebusannya dua kali sehari secara rutin. Minum selagi hangat, supaya tenggorokan lebih lega. Tambahkan madu supaya rasanya lebih enak.

3. Tanaman Echinacea Dan Sage

Kedua tanaman obat tradisional radang tenggorokan ini, ternyata begitu ampuh menyembuhkan penyakit anda. Banyak tubuh di daerah asia dan mediterania.

Sudah banyak orang yang memakai tanaman ini untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Echinacea bisa membantu membunuh bakteri yang menginfeksi sedangkan tanaman sage akan meringankan peradangan tenggorokannya.

Anda bisa memakai akar atau daunnya. Rebus sampai mendidih dan minum air rebusannya secara rutin setiap hari.

4. Kayu Manis

Kayu manis atau cinnamon, anda pasti tidak asing dengan tanaman ini. Sering digunakan untuk bumbu masakan. Terkadang juga pelengkap teh atau kopi.

Kayu manis ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga bisa menyembuhkan infeksi radang tenggorokan dengan cepat.

Anda bisa menyelupkan kayu manis di satu gelas air hangat atau teh hangat. Supaya lebih mudah, gunakan kayu manis bubuk. Anda juga bisa merebus akar kayu manis dan diminum air rebusannya setiap hari.

Selian iu bagian akarnya biasa digunakn sebagai obat alami penurun kolesterol.

 

5. Daun Mint

Tanaman obat tradisional satu ini memiliki manfaat yang banyak sekali. Bisa membuat tenggorokan lebih lega dan mengatasi bau mulut. Daun mint mengandung senyawa anti inflamasi.

Sehingga akan menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat. Anda bisa membuat infus water dengan daun mint. Kemudian campur dengan jeruk lemon, mentimun dan tanaman lainnya. Anda juga bisa mencampurkan daun mint di segelas teh hangat. Ini akan membuat tenggorokan anda lebih lega.

Selain ke 5 tanaman obat tradisional radang tenggorokan diatas, anda juga bisa mengkonsumsi madu secara rutin setiap harinya. Madu begitu ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit di tubuh.

Jika tenggorokan sudah terasa sakit dan serak, segera minum air hangat atau teh panas yang dicampur madu, pepermint atau kayu manis. Ini akan mencegah radang tenggorokan yang lebih parah.

 

 

Leave a Reply


Loading...