7 Tanaman Obat Tradisional Rematik yang Terbukti Ampuh di Indonesia

Loading...

Tanaman obat tradisional rematik – Rematik atau rheumatoid arthritis ialah suatu penyakit yang menyebabkan terjadinya radang, kemudian menimbulkan rasa nyeri, kaku, serta bengkak pada sendi.

Rematik atau rheumatoid arthritis ialah suatu penyakit yang menyebabkan terjadinya radang, kemudian menimbulkan rasa nyeri, kaku, serta bengkak pada sendi.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh gangguan autoimun. Adapun bagian tubuh yang paling sering terserang penyakt rematik yaitu tangan, pergelangan tangan, kaki dan lutut.

obat tradisional untuk rematik

AhlinyaPengobatan.com

Di Indonesia, orang sering salah kaprah dalam menyebut penyakit asam urat (gout/pirai) dengan rematik. Padahal rematik merupakan istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian atau bagi otot yang mengalami peradangan.

Sedangkan, penyakit asam urat (gout/pirai) hanya satu diantara penyebab nyeri pada persendian.

Rematik dan Asam Urat penyakit yang berbeda.

Rematik pada umumnya mulai menyerang pada seseorang yang telah berusia 30 tahun ke atas dan sering terjadi pada bagian sekitar otot, sendi serta sistem tulang yang ada di sekitarnya.

Pada banyak kasus penyakit ini, biasanya memiliki beberapa gejala seperti : nyeri sendi. Penyebabnya pun cukup beragam, namun yang paling sering menimbulkan penyakit rematik adalah akibat trauma dan adanya infeksi atau peradangan.

Untuk mengobati rematik, orang indonesia biasanya melakukan berbagai macam jenis pengobatan, mulai dari penangan medis atau dokter, pijat alternatif hingga tanaman obat tradisional.

Tanaman obat tradisional lebih banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan penangan ini dianggap lebih murah, aman dan juga alami.

Maka wajar jika pengobatan yang satu ini lebih populer di kalangan masyarakat kita terutama bagi mereka yang menderita rematik.

Adapun Tanaman Obat Tradisional untuk Rematik yang Terbukti Ampuh antara lain adalah:

1. Daun Sirsak

obat tradisional rematik

GraviolaPower.com

Daun Sirsak adalah salah satu jenis tanaman obat tradisional yang biasa digunakan oleh masyarakat.

Daun yang satu ini dipercaya mampu meringankan nyeri sendi yang diakibatkan oleh rematik dan mempunyai kandungan vitamin C dan vitamin A yang cukup tinggi sehingga dipercaya mampu menetralkan dan mengeluarkan racun pada tubuh.

Loading...

Cara membuat: siapkan 5 helai daun sirsak dan 4 gelas air bersih kemudian rebus kedua bahan hingga air menjadi 2 gelas. Minum ramuan herbal tersebut sehari 1 kali.

2. Buah Cerries

Meskipun terbilang jarang namun buah ini menjadi salah satu obat tradisional bagi penderita rematik.Buah ini mengandung magnesium yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit rematik.

Tidak hanya itu saja, buah enak yang dijadikan obat tradisional ini juga bisa mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi karena mengandung potasium. Maka sebab itu, buah segar ini sangat dianjurkan bagi anda yang menderita rematik.

3. Bunga Rosela

Selain unik dan Indah ternyata, bunga kuncup ungu ini bisa dimanfaatkan sebagai tanaman Obat Tradisional Rematik.

Kandungan protein esensial dan vitamin C yang ada di dalamnya dipercaya mampu meringankan rasa nyeri pada persendian dan otot.

Disamping itu, bunga ini juga mengandung asam amino arginina dan legnin yang dipercaya mampu meremajakan sel sel pada tubuh.

Tidak itu saja lo guys,Tanaman obat herbal ini juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk sariawan, diabetes, kanker, hipertensi dll.

Cara membuatnya cukup sederhana, yaitu dengan menyiapkan 5 kelopak bunga rosella kemudian diseduh dengan air panas dan ditambahkan madu.

4. Jahe

Selain ketiga tanaman obat di atas, jahe juga dipercaya ebagai obat herbal untuk penyakit rematik.Jahe sudah sejak lama dipercaya sebagai obat tradisional untuk meredakan rasa nyeri serta memperlancarkan sirkulasi darah.

Disamping itu, bisa juga djadikan sebagai obat tradisonal untuk penyakit tumit, memperlancar sistem pernafasan dan pencernaan.Cara membuatnya cukup dengan merebus 1 ruas jahe sepanjang 7 cm kemudian dicampur madu sebagai pemanisnya.

5. Daun Seledri

Selain sebagai bumbu penyedap makan, siapa sangka kalau daun seledri ini bisa dijadikan sebagai tanaman obat tradisonal untuk penyakit rematik?

Kandungan klorin, sulfur, folat, asam lemak esensial, inositol, fosfor, selenium, seng, potassium, mangan, vitamin B1 dan Vitamin A yang ada di dalamnya dipercaya mampu meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh rematik.

Cara membuatnya: rebus 5 helai daun seledri dengan air 1 gelas tunggu hingga mendidih. Minum selah hangat 1 x sehari.

6. Daun Dandelion

tanaman obat herbal rematik

StyleCraze.com

Selain kelima tanaman obat tradisional di atas, ada lagi daun dandelion yang mengandung vitamin C dan vitamin A cukup tinggi serta mampu memperbaiki kerusakan sel-sel pada tubuh dan mengeluarkan racun dalam darah.

7. Lengkuas

Masih berkerabat dengan jahe, salah satu bumbu dapur ini juga dipercaya sebagai tanaman obat tradisional yang mampu mengobati penyakit Rematik secara alami, begitu juga asam urat.

Itulah beberapa tanaman obat tradisional yang dipercaya Ampuh dalam mengobati rematik secara alami sampai tuntas tanpa menimbulkan efek samping.

Leave a Reply


Loading...