Tanaman Obat Tradisional Untuk Sakit Tumit yang Perlu Kamu Tahu

Tanaman obat tradisional untuk sakit tumit – Nyeri atau sakit tumit adalah salah satu masalah nyeri pada kaki yang sangat mengganggu aktvitas keseharian kita di rumah.

Rasa nyeri ini biasanya terasa sakit ketika kita bagun tidur di pagi hari dan saat kaki pertama kali menginjakkan ke lantai saat akan beranjak dari tempat tidur kita.

Rasa sakit ini biasanya terletak pada bagian bawah tumit, di belakang tumit atau lengkungan tumit kaki.

Penyakit ini biasanya menjangkiti orang-orang yang menderita obesitas, penderita rematik, ibu-ibu hamil dan terkadang orang-orang yang memiliki aktivitas berat seperti atlet dan pekerja buruh.

Penyebab datangnya penyakt tumit ini bisa disebabkan oleh berapa fakkor seperti cedera, keseleo, patah tulang, saraf terjepit, dan kehausan bantalan tumit.

Kondisi medis lain yang turut menyebabkan rasa nyeri adalah achlles tendinitis, bursitis, fibromyalgia, asam urat, taji tumit, plantar fasciitis, arthritis, sindrom terowongan tarsal dan endiitis.

Namun penyebab yang paling sering ditemukan dalam banyak kasus nyeri atau sakit tumit adalah mereka yang menderita plantar fasciitis.

Plantar fasciitis adalah suatu gangguan berupa radang yang terjadi pada plantar fascia atau jaringan yang berada di sepanjang kaki bagian bawah tepatnya di kaki penghubung antara tulang tumit dan ibu jari.

Sebenarnya penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya caranya yaitu dengan memperbanyak istirahat serta menjauhi aktvitas yang memberikan tekanan pada tumit kaki misalnya berlari, jalan jarak jauh dan lain sebagainya.

Bahkan dikondisi yang sudah parah, penderita plantar fasciitis bisa dilakukan operasi pembedahan.

Cara Menyembuhkan Nyeri Tumit Kaki Secara Alami

obat tradisional sakit tumit

tokoherbalacemaxs.com

Untuk meringankan rasa nyeri pada tumit kita bisa melakukan beberapa alternatif berikut ini, misalnya

Latihan peregangan

Peregangan-peregangan ringan pada kaki dipercaya mampu megurangi rasa sakit dan mempercepat pemulihan pada otot-otot tumit.

Selain itu peregangan juga bertujuan untuk merileksasi otot-otot yang terletak pada kaki bagian tumit.

Bahkan mampu memperkuat otot dan tendon yang terletak pada kaki sehingga mencegah rasa sakit lebih lanjut.

Mengompres dengan es

Melakuan pengompresan pada tumit dengan es merupakan salah satu cara yang paling efekif untuk menghilangkan rasa sakit pada tumit secara alami dan mudah.

Suhu dingin yang dimliki es dipercaya mampu mengontrol rasa sakit dan peradangan.

Selain itu, es juga efektif dalam mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh tendonitis, plantar fasciitis dan taji tulang.

Pijatan

Cara pengobatan lain yang bisa dibilang mudah, alami dan enak adalah dengan melakukan pemijatan. Walaupun bukan menjadi pilihan utama dalam pengobatan jangka panjang namun cara ini dipercaya mampu menangani rasa nyeri dengan cepat.

Terai pijat juga mampu mengendurkan otot-otot kaki, merileksasi pada otot-otot yang tertekan, mengurangi rasa kaku-kaku pada kaki dan terakhir memperlancar sirkulasi darah.

Selain ketiga langkah di atas, kita juga bisa mengunakan alas kaki yang ergonomis, renang dan menkonsumsi analgesik.

Merendam dengan air garam

Melakukan perendaman dengan air garam dipercaya mampu meredakan rasa sakit dan rasa nyeri pada tumit.

Kristal sulfa tmagnesium yang terkandung dalam garam membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan peradangan pada tumit.

Di samping itu juga, rasa hangat dari air bisa dijadikan sebagai terapi relaksasi.

Selain keempat langkah di atas, kita juga bisa menggunakan alas kaki yang ergonomis untuk mengurangi tekanan pada tumit. Olahraga renang juga bisa dilakukan agar persendian kaki tidak terlalu terbebani.

Tanaman Obat Tradisional Sakit dan Nyeri Tumit

obat tumit sakit

ObatSendi.com

Mengkonsumsi obat analgesik atau anti nyeri juga bisa mengurangi rasa nyeri pada kaki, hanya saja obat ini tidak baik jika dikonsumsi dalam jangka panjang, mengingat bahwa analgesik merupakan obat kimia yang memilki efek samping.

Tidak tanggung-tanggung jika dikonsumsi dalam jangka panjang penderita nyeri tumit akan mengalami kerusakan hati dan ginjal.

Menggunakan obat atau ramuan tradisional yang jauh dari resiko dan efek samping menjadi salah satu pilihan cerdas masyarakat saat ini.

Karena pada hakikatnya alam telah menyediakan segala hal yang kita butuhkan termasuk tanaman berkhasiat obat.

Diantara tanaman yang bisa kita manfaatkan sebagai obat sakit tumit diantaranya adalah:

Kunyit

Kunyit merupakan satu diantara tanaman obat tradisional yang cukup ampuh untuk mengatasi rasa sakit dan nyeri tumit. Sebagaimana demam berdarah.

Kandungan Kurkumi yang ada pada kunyit berfungsi sebagai obat peredam rasa sakit dan merupakan agen anti inflamasi.

Cara menggunakanya cukup dengan menghaluskan kunyit kemudian oleskan pada kaki atau tumit yang nyeri sebelum tidur dan jangan lupa diperban agar ramuan kunyit tidak kemana-mana saat tidur.

Jahe

Pada tahun 2010  telah terbit sebuah jurnal yang berjudl “Journal of pain”.

Dalam jurnal tersebut menyebutkan bahwa jahe terbukti mampu mengurangi rasa nyeri pada otot yang disebabkan oleh latihan eksentrik.

Jadi apabila sobat di rumah merasakan sakit atau nyeri tumit yang dikarenakan ketegangan otot, sobat bisa menjadikan jahe sebagai obat alami.

Sifat anti inflamasi yang terkandung dalam jahe dipercaya mampumeredakan rasa sakit. Sobat di rumah bisa minum ekstak jahe 3-4 kali untuk menghilangkan rasa sakit dan pembengkakkan.

Cabe rawit

cara mengobati sakit tumit

Care2.com

Kandungan capcaisin yang kaya membuat tanaman ini ampuh dalam mengatasi rasa nyeri, sakit pada tumit dan keteganan otot, termasuk di dalamnya nyeri sendi dan pinggang.

Lidah buaya

Kandungan anti inflamasi dan anti oksidan yang terkandung dalam lidah buaya mampu menenangkan plantar fascia serta mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Untuk membuat ramuan ini kita perlu menyiapkan lidah buaya yang telah di kupas dan diambil gelnya.

Kemudian panaskan panci dengan air putih, gel lidah buaya, serta 1 sendok teh bubuk kunyit. Kemudian aduk ramuan terebut selama 1 menit.

Setelah cukup, langkah selanjutnya adalah mengoleskan ramuan tadi pada tumit, pergelangan kaki, lengkungan telapak kaki dan biarkan mengering. Selajutnya ikat kaki dengan kain yang halus dan lemut.

Lakukan terapi ini 2 kali sehari, mudah-mudahan keadaan kita memembaik.

Makanan yang mengandung alkali

tumit kaki sakit

Lagizi.com

Cara selanjutnya adalah dengan meningkatkan kesehatan kita dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan alkali.

Makanan yang mengandung alkali adalah makanan yang memiliki kadar pH > 5.0 misalnya saja alpukat, pisang, berry, wortel, seledri, currant, kurma dan bawang putih memiliki pH 8.0. sedangkan pH semangka mencapai 9.0.

Makanan alkali berfungsi untuk mepertahankan tingkat pH yang tepat untuk tubuh kita. Bahkan lebih kerennya lagi, makanan ini bisa mengurangi penumpukan kalsium dalam tubuh yang menyebabkan sakit tumit.

Cuka sari apel

Apel memang terkenal dengan anti oksidan yang tinggi, sehingga cuka apel menjadi salah satu obat sakit tumit dan nyeri otot yang efektif.

Minyak ikan

Bila sobat di rumah mengalami sakit tumit yang disebabkan oeh arhtristis atau taji tulang, maka minyak ikan bisa menjadi pilihan yang paling ampuh dan efektif.

Kandungan asam eicosapntaenic (EPA) dan asam lemak omega-3 yang kaya membuatnya mampu meminimalisir rasa sakit. Bahan mampu menetralisisr rasa kaku-kaku pada otot.

Demikianlah 5 tanaman obat herbal dan 4 perlakuan untuk menembuhkan sakit tumit dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita.

Bila semua cara di atas telah dicoba dan belum juga membuahkan hasil, segera hubungi pihak medis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Salam hangat infosiana.net.

Leave a Reply