8 Tanaman Obat Tradisional untuk Menyembuhkan Sembelit Dalam Semalam!

Loading...

Tanaman Obat Tradisional untuk Sembelit – Jutaan orang menderita konstipasi, kondisi yang menyebalkan dan seringkali menyakitkan. Jika Anda memiliki kurang dari tiga tinja per minggu, Anda mengalami konstipasi.

Jika Anda memiliki kurang dari satu tinja seminggu, Anda mengalami konstipasi parah. Mungkin sudah saatnya Anda belajar cara membuang kotoran lebih sering.

Penyebab sembelit dapat ditelusuri kembali ke sejumlah hal termasuk makanan ringan, obat-obatan, kebiasaan buang air besar yang buruk, dehidrasi, gangguan hormonal dan penyalahgunaan pencahar.

Bagi banyak orang, ketidaknyamanan sembelit menjadi sangat besar sehingga mereka bisa mendapatkan obat bebas untuk menghilangkannya.

Sayangnya, banyak dari obat ini hanya menutupi gejala dan bisa membuat masalah menjadi lebih buruk. Untuk menyembuhkan kondisi sembelit ini, anda bisa menggunakan tanaman obat tradisional susah buang air besar.

Tanaman Obat Tradisional untuk Menyembuhkan Sembelit

 obat tradisional untuk sembelit

Apa saja tanaman obat dan obat herbal yang bisa anda gunakan? Berikut ialah daftarnya yang diambil dari thealternativedaily.

1. Buah Lemon

Tanaman obat tradisional susah buang air besar pertama ialah lemon, lebih tepatnya buah lemon.

Ini meningkatkan alkalinitas (lemon benar-benar membuat tubuh Anda menjadi asam) dan membantu membersihkan racun dalam tubuh serta membuat pencernaan kita sehat.

Air lemon juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melembabkan sistem getah bening dan bertindak sebagai diuretik alami.

Biasakan untuk meminum 1 atau 2 gelas air hangat setiap pagi dan Agar kebugaran tubuh Anda tetap terjaga. Jika Andamemilikimasalah dengan sakt kepala, emon jga bisa dijadika sebagai obat tradisional untuk penyakit vertigo yang menyiksa.

2. Minyak Kelapa

obat alami untuk sembelit

aestheticsbydesign.com

Salah satu tanaman obat atau obat herbal yang bisa anda gunakan ketika anda ingin menyembuhkan penyakit sembelit atau susah buang air besar anda ialah dengan menggunakan minyak kelapa.

Dikenal sebagai minyak yang berguna untuk sejumlah kondisi kesehatan, minyak kelapa organik juga dapat membantu mengurangi peradangan sembelit.

Minyak kelapa, yang sangat banyak digunakan dalam berbagai merek kesehatan mulai dari hair conditioner hingga pasta gigi, bahkan bisa dicampur dengan kopi, digunakan sebagai salad atau bahkan dikonsumsi langsung.

Buah tropis ini tidak hanya mempercepat metabolisme, tapi juga memungkinkan mempercepat pemecahan makanan sekaligus membersihkan usus besar.

Ini menyeimbangkan ph perut dan memperbaiki nada otot usus, sehingga mendorong Anda untuk buang air besar secara teratur. Jika Anda baru mengonsumsi minyak kelapa, mulailah dengan satu sendok teh sehari kemudian tambah menjadi dua atau tiga per hari selama beberapa minggu.

Cara mendapatkannya: Minyak kelapa tersedia secara online, di toko makanan kesehatan dan bahkan beberapa toko grosir kelas atas. Pastikan untuk mendapatkan minyak kelapa murni organik untuk hasil terbaik.

Selain itu kelapa hijau muda biasa digunakan sebagai obat demam berdarah yang mujarab guys.

3. Calendula (Calendula officinalis)

Tanaman obat tradisional susah buang air besar terakhir namun bukan yang paling akhir yang bisa anda pilih ialah calendula. Calendula (Calendula officinalis) sering disamakan dengan tanaman marigold biasa yang terlihat di kebun, namun keduanya adalah dua tanaman yang berbeda.

Tanaman ini telah digunakan secara medis sejak abad ke-12 dan mengandung komponen anti inflamasi yang kuat. Tanaman ini bisa digunakan untuk menyembuhkan luka ringan dan goresan karena sifat antiviral dan antibakterinya.

Loading...

Tanaman obat ini juga memiliki kandugan antioksidan yang kuat dan memiliki konstituen spasmogenik dan spasmolitik, yang membantu kram perut dan konstipasi.

Untuk menghilangkan sembelit, tempelkan satu sendok teh daun kering yang telah direndam dengan air panas selama beberapa menit. Teh ini akan meringankan kram dan mendorong fases keluar sehingga pencernaan sehat.

4. Daun wungu (Graptophyllum pictum (L). Griff)

Daun wungu (atau dalam banyak literatur lain menyebutnya dengan daun ungu) memiliki kandungan alkaloid non toksik, glikosod, steroid, saponin, tanin dan lendir.

Saponin inilah yang dipercaya memiliki efek sebagai pencahar ringan (mild laxative).

Cara membuat ramuan dari tanaman obat tradisional ini adalah: siapkan daun wungu segar sebanyak 7 lembar, rebus dengan air sebanyak 2 gelas tunggu hingga mendidih dan jadi 1 gelas.

Saring obat tradisional tersebut untuk memisahkan ampas dan sarinya kemudian minum.

5. Kejibeling (Strobilanthes crispus Bl)

Kejibeling adalah salah satu tanaman obat tradisional  untuk sembelit karena didalamnya mengandung berbagai bahan kimia seperti kalium, asam silikat, natrium, kalsium, serta beberapa senyawa lain.

Selain itu, kejibeling memiliki efek pencahar dan diuretik, sehingga sangat baik jika digunakan sebagai obat sembelit alami.

Cara membuat ramuan herbal sembelit: cuci bersih setengah genggam daun kejibeling segar. Kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai menyisakan 1 gelas. Saring dan minum setelah dingin.

 

6. Minyak Zaitun

tanaman untuk mengobati sembelit

YouTube

Konstipasi alias sembelit juga bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi minyak zaitun. Selain biasa dijadikan alat kecantikan dan obat alami batu ginjal minyak zaitun juga biasa digunaka untuk luka ringan.

Cara membuat ramuan herbal ini sangat mudah siakan 1 sdm Minyak zaitun kemudian campurkan dengan 1 teh jus lemon (ini opsional) agar terasa lebih segar.

Konsmsi obat tradisional ini pada pagi hari, dan pastikan mengkonsumsinya dilakukan saat perut dalam keadaan kososng dan belum sarapan.

7. Ketepeng Cina (Cassia alata L.)

Daun ketepeng cina merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan sembelit Anda secara alami.

Di dalamnya mengandung zat samak serta bersifat sebagai laksatif. Disamping itu, tanaman obat ini juga mempunyai cita rasa pedas, hangat, insektisidal

Hal tersebut mebuatnya cocok dijadikan obat cacing alami, serta obat tradisional untuk kelainan kulit yang disebabkan oleh parasit kulit.

Efek farmakologi bisa kita rasakan terutama dibagian daunnya.

Car membuat ramuan herbal untuk sembelit: siapkan 7 Daun ketepeng cina muda segaryan teah di cuci bersih.

selanjutnya dididihkan dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. terakhir angkat, saring, dan minum.

8. Lidah buaya (Aloe vera)

mengobati sembelit dengan tanaman

id.tastemade.com

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan mengobati maag secara alami serta menyembuhkan luka, lidah buaya juga bisa kita manfaatkan sebagai pencahar.

Getah daun lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang bisa kita jadikan sebagai pembersih cukup kuat.

Namun, kandungan pencahar yang cukup kuat pada lidah buaya, anthraquinone, terkadang bisa mengakibatkan diare dan kram usus.

Sehingga dalam pengunaanya harus sangat hati-hati. Ada baiknya melakukan konsultasi dengan ahli herbal atau naturopati.

Disamping itu, lidah buaya juga kaya akan kandungan kimia seperti aloin, barbaloin, isobarbaloin, aloe-emodin, dan aloesin.

Cara menyembuhkan sembelit secara alami dengan lidah buaya: siapkan separuh batang lidah buaya cuci hingga bersih. Kemudian buang kulitnya.

Cincang bagian Isinya, kemudian seduh dengan setengah cangkir air panas. Tambahkan satu sendok makan madu sebagai pemanis alami.

Konsumsi ramuan ini selagi hangat sebanyak 2 kali sehari. Catatan: Ramuan tersebut tidak diperuntukkan bagi wanita hamil, haid, dan penderita diare.

Demikianlah 7 tanaman obat tradisional sembelit yang bisa kita bahas pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat salam hangat infosiana.net.

Leave a Reply


Loading...