Tipes? 7 Tanaman Obat Tradisional Ini Mampu Mengatasinya Dengan Murah-Mudah!

Loading...

Tanaman Obat untuk Penyakit Tipes – Jika berbicara mengenai tipes, tipes merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh banyak orang.

Oleh karena itu, jika anda seseorang yang terkena penyakit tipes, maka hal yang perlu dilakukan ialah segera merawat orang tersebut dan mengobati penyakit tersebut.

Jika berbicara mengenai obat tipes, memang cukup banyak obat yang bias dikonsumsi. Namun demikian, salah satu pilihan yang bias anda pilih ketika mengobati tipes ialah dengan mengkonsumsi tanaman obat tradisional.

Daftar Tanaman Obat untuk Penyakit Tipes

Apa saja tanaman obat tradisional tipes? Simak penjelasannya sebagai berikut yang diambil dari blog vkool.

1. Bawang Putih

tanaman obat tradisional untuk tipus

phz8.petinsurance.com

Tanaman obat tradisional tipes pertama yang bias anda konsumsi ialah bawang putih. Karena sifat antimikroba, bawang putih bisa membantu melawan bakteri penyebab tifus.

Anda mungkin pernah mendengar tentang efisiensi bawang putih pada kekebalan tubuh dan faktanya adalah bahwa hal itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, bawang putih juga membantu mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh dan mendorong pemulihan.

Bawang putih harus digunakan sebagai salah satu pengobatan di rumah untuk tipus ialah Konsumsilah 2 siung bawang putih saat perut Anda kosong dalam waktu 2 minggu untuk mengatasi gejala demam tifoid.

Buat campuran ½ sendok teh bawang putih hancur, 4 cangkir air, dan 1 cangkir susu, rebus sampai sisa-sisa ¼ dari jumlah aslinya. Ambil solusi 3 kali sehari. Namun demikian, anak kecil dan ibu hamil tidak disarankan menggunakan bawang putih.

Jika Anda orang yang sbuk dan sering merasakan sakit pada pinggang maka bawang putih ini bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk sakit pinggang Anda.

2. Buah Pisang

Selain Bawang Putih, Obat tradisional yang bias anda konsumsi ketika anda mengalami penyakit tifoid ialah dengan mengkonsumsi pisang.

Karena pisang bisa meringankan demam dan mengatasi diare, mereka juga dianggap sebagai pengobatan rumah alami untuk penyakit tifoid.

Padahal, pisang mengandung serat larut yang disebut pektin yang mendukung penyerapan cairan di usus sehingga mengurangi diare.

Selain itu, kalium yang ditemukan pada pisang juga bisa membantu mengganti elektrolit yang hilang karena demam dan diare. Konsumsilah 2 sampai 3 pisang matang sehari sampai gejala tifus hilang.

Sebagai gantinya, buat campuran 2 pisang tumbuk, ½ cangkir yogurt, dan 1 sendok teh madu lalu makan 2 atau 3 kali sehari dalam beberapa minggu.

3. Daun Basil & Lada Hitam

Sementara daun kemangi dan lada hitam memiliki sifat antibakteri, kombinasi keduanya tentu membuat obat yang lebih efektif untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti tifoid.

Selain itu, aktivitas imunomodulator dan anti kanker yang potensial dari lada hitam juga ditunjukkan dengan jelas oleh NCBI pada tahun 2010.

Ada 3 cara untuk menggabungkan daun kemangi dan lada hitam untuk membuat salah satu pengobatan di rumah untuk demam tifoid:

Pertama ialah Kocok 4 daun kemangi, 7 paprika hitam, dan 7 helai kunyit membuat pasta. Siapkan tablet kecil dari pasta ini dan bawa mereka 2 sampai 3 kali sehari.

Kedua ialah dengan menambahkan 20 daun kemangi dan 1 sendok teh jahe hancur ke secangkir air dan rebus. Didihkan sampai airnya tetap setengah dan tambahkan beberapa madu lagi. Minum rebusan dua kali sehari.

Terakhir ialah dengan menambahkan Ekstrak daun kemangi untuk mendapatkan satu sendok makan jusnya, tambahkan sejumput lada hitam bubuk yang diberi pasta dan tiga kali sehari.

Loading...

Jika Anda menderita Vertigo, saudara lada hitam yaitu merica, bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk penderita vertigo.

4. Cacing kalung

Anda tidak salah dengar, meski banyak orang yang geli dan jijik dengan hewan ini namun siapa sangka ternyata obat-obatan tipes yang diolah secara modern saat ini, ternyata banyak yang memanfaatkan cacing kalung sebagai bahan dasarnya.

Hanya saja hewan ini sudah diolah sedemikian rupa sehingga baik itu dari segi bentuk dan rasanya sudah tidak lagi menjijikkan.

Cara membuat obat sakit tipes tradisional diantaranya adalah siapkan 10 ekor cacing kalung/tanah yang telah dicuci bersih serta dibuang isi perutnya.

Rebus cacing-cacing tersebut dengan air sebanyak 500 cc selama 10 menit hingga airnya mendidih. Setelah mendidih, diamkan ramuan tsb sampai hangat dan minum obat alami penyakit tipes tersebut sebanyak 3 x sehari.

5. Kunyit

tanaman obat alami penyakit tipes

hellosehat.com

Disamping sebagai bumbu dapur, ternyata kunyit juga bisa dijadikan sebagai tanaman obat tradisional sakit tipes yang cukup manjur lo kawan.

Selain itu bagi Anda yang menderita maag atau pun asam lambung, bisa menggunakan kunyit sebagai obatnya serta mampu melancarkan peredaran darah.

Cara membuat ramuan tradisional dari tanaman kunyit ini tidaklah sulit. Anda cukup menyediakan 2 ruas jari kunyit, 20 lembar daun pegagan dan 11 lembar daun sambiloto.

Bersihkan semua bahan, lalu iris tipis kunyit. Lalu rebus semua bahan-bahan tersebut dengan empat gelas air hingga mendidih menjadi tiga gelas air. Terakhir minum ramuan ini 3 x sehari sampai sembuh.

Bagi Anda yang mederita Amandel, bisa menggunakan kunyit sebagai tanaman obat tradisional untuk penyakit Amandel tanpa operasi.

6. Buah Sawo Muda

Teman-teman di rumah tau dong yang namannya sawo? Nah buah super manis bisa dijadikan obat tipes secara alami, guys.

Hanya saja yang akan kita gunakan sebagai obat tradisional tipes adalah buah sawo yang masih muda.

Cara membuat ramuan obat ini adalah cukup dengan meniyapkan 5 buah sawo muda yang telah dicuci bersih.

Kemudian parut buah sawonya hingga benar-benar halus. Terakhir campur dengan air secukupnya, lalu peras parutan sawo muda dengan campuran air matang.

Cara penggunaannya, anak-anak cukup minum 1 x sehari selama dua hari. Sedangkan untuk orang dewasa, takarannya 1 x sehari selama empat hari.

7. Mentimun Segar

tanaman obat tradisional untuk tipes

mutuindonesia.com

Selama ini mentimun lebih kita kenal sebagai obat tekanan darah tinggi atau hipertensi secara alami.

Namun siapa sangka, jika buah yang biasa kita jadikan lalapan ini bisa menjadi obat tradisional untuk penyakit tipes.

Caranya sangat mudah, siapkan 2 buah timun segar yang telah diparut-lembut. Lalu peras parutan timunnya, dan saring airnya.

Sebagai obat alami penyakit tipes Anda bisa meminumnya 3 x sehari baik itu orang dewasa maupun anak-anak, minum ramuan ini hingga demam Anda turun.

Selain itu timun juga biasa digunakan oleh anyak masyaraka kita sebagai obat alami untuk mengobati radang tenggorokan.

Itulah 7 obat tradisional tipes yang bisa anda konsumsi secara alami serta tidak banyak menimbulkan efek samping.

Leave a Reply


Loading...