8 Cara Alami Paling Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Dalam se-Hari

Loading...

Tanaman Obat Tradisinal untuk Gusi Bengkak-Gusi bengkak adalah satu dari beberapa jenis penyakit yang terjadi di dalam rongga mulut sehingga membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Gusi bengkak adalah satu dari beberapa jenis penyakit yang terjadi di dalam rongga mulut sehingga membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Gusi bengkak biasanya terasa begitu menyiksa, bagaimana tidak peradangan pada gusi membuat para penderitanya mengalami denyutan yang begitu menyakitkan hingga tak jarang rasa sakitnya sampai di kepala.

Selain itu, Gusi bengkak dapat juga dapat menyebabkan sakit gigi loh, kok bisa? hal ini dikarenakan gusi merupakan salah satu jaringan kokoh penyangga gigi atau menjadi tempat menempelnya gigi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak

sakit gusi bengkak

ddBanten.org

Dalam upaya mengobati gusi bengkak ini kita harus hati-hati agar pembengkakan bisa mengepis. Berikut ini ialah beberapa rekomendasi dari para ahli untuk meredakan atau mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena gusi bengkak.

• Membuat obat kumur, untuk menjaga kebersihan gigi, gusi, dan rongga mulut dari bakteri Anda cukup membuat larutan yang terbuat dari garam dan air hangat.

• Minum Air putih yang cukup, hal ini bertujuan untuk membantu merangsang pembuatan air liur yang bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab gusi bengkak.

• Menjaga gusi dari iritasi dengan cara menggosok gigi dengan cara yang benar

• Menghentikan mengkonsumsi alkohol dan rokok, hal ini karena tembakau bisa memperburuk kondisi gusi Anda.

• Terakhir, untuk meringankan rasa sakit pada gusi, Anda bisa mengkompres bagian terluar gusi (pipi) dengan menggunakan kain yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat.

Obat Gusi Bengkak (Pertolongan Pertama)

Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda dapat memgkonsumsi obat gusi bengkak atau obat radang yang biasa diberikan oleh piha medis atau dokter, misalnya saja.

1. Obat penghilang rasa sakit

Anda bisa mengkonsumsi obat ini untuk meredakan serta menghilangkan rasa sakit atau nyeri yang terjadi di area gusi Anda. Obat penghilang rasa sakit biasa disebut dengan analgesik dan merupakan alah satu jenis obat ang udah ditemukan di apotik-apotik sekitar kita.

Adapun contoh dari analgesik adalah metampiron (antalgin), libuprofen, dan asam mefenamat.

2. Antibiotik

Antibiotik adalah salah satu obat medis yang berfungsi untuk membasmi bakteri penyebab terjadinya infeksi pada gusi.

3. Obat antiradang

Obat antiradang, sesuai namanya obat jenis ini dapat mengatasi peradangan yang terjadi pada gusi  dan area lain di dalam mulut. Sebelum mengkonsumsi obat ini, pastikan disesuaikan terlebih dahulu dengan resep dokter.

Setelah mendapat penanganan pertama dari medis maka kita bisa menggunakan obat alami atau tradisional sebagai tindak lanjut berikutnya. Meskipun obat medis atau dokter terbilang manjur bahkan kalau boleh dibilang hasil dari obat medis “cespleng” namun obat tersebut tidak diperuntukan untuk jangka panjang.

Kenapa?

Karena obat medis tersebut mengandung kimia yang tidak baik untuk fungsi ginjal kita dikemudian hari. Obat medis tetap kami sarankan sebagai langkah awal atau pertolongan pertama untuk rasa sakit atau nyeri Anda, namun jika Anda ingin menyembuhkan sakit gusi atau gusi bengkak maka kami merujuk pada penanganan herbal atau obat alami.

Loading...

Tentunya hal ini akan banyak memuculkan pendapat yang pro dan kontra, adapun jika Anda tetap setia dan selalu mengandalkan pengobatan medis atau dokter sebagai konsep penyembuhan penyakit Anda, ya tentunya hal itu menjadi pilihan pribadi Anda.

Tanaman Obat Tradisional Untuk Gusi Bengkak

Berikut ini beberapa tanaman obat tradisioal yang bisa Anda jadika sebaga obat gusi bengkak.

1. Bayam Duri

obat tradisional gusi bengkak

Khasiat.co.id

Langkah-langkah: Siapkan tanaman bayam duri kemudian dibakar atau dipanggang dengan menggunakan alas dari genteng atau semacamnya.Setelah itu tumbuk bayam tersebut sampai halus. terakhir oleskan ramuan tadi pada gusi yang sakit.

2. Asam Jawa (Untuk Menghilangkan Karang Gigi Penyebab Gusi Bengkak)Bahan yang digunakan : Biji asam jawa (secukupnya).

Cara membuat obat gusi bengkak: sangrai biji asam jawa beberapa menit, kemudian tumbuk sampai benar-benar hancur menjadi bubuk. terakhir gosokkan bubuk tersebut pada gigi yang terdapat karang gigi dengan menggunakan kain atau sikat gigi.

3. Kulit Andong

Cara membuat obat gusi bengkak : bersihkan Kulit andong dengan air mengalir, lalu kupas dan tambahkan garam secukupnya. Setelah itu aduk ramuan sampai tercampur rata, terakhir obat gusi bengkak bisa dioleskan pada tempat yang terasa nyeri.

4. Krokot

Cara mengobati : cuci bersih tanaman krokot, lalu direbus dalam panci dengan air sebanyak 3 gelas, tunggu hingga mendidih dan larutan menjadi 1 gelas. Minum ramuan tersebut setelah dingin.

5. Gambir

Bahan yang dibutuhkan : 3 potong gambir, 1/2 jari empu kunyit, dan 2 gelas air matang.Cara meracik obat gusi bengkak : bersihkan terlebih dulu Gambir dan empu kunyit, kemudian iris tipis-tipis. selanjutnya rebus bahan-bahan tadi ke dalam panci yang sudah terisi 4 gelas air.

Tunggu hingga mendidih dan larutan hanya menyisakan 1 gelas saja. Setelah dingin, Terakhir  gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur. Metode pengobatan ini dilakukan 3-4 kali hari.

Cara Mencegah Gusi Bengkak (Lagi)

cara mencegah gusi bengkak

dentistry.unsoed.ac.id

  • Membersihkan gigi secara rutin dimulai dari setelah makan, menjelang tidur, bahkan saat bangun tidur.Memeriksaka kesehtan gigi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.
  • Hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran-kotoran sisa makanan yang menempel pada gigi dan tidak dapat dihilangkan jika hanya dengan menggosok gigi (kotoran tersebut biasanya berupa: plak dan karang gigi).
  • Tanyakan kepada dokter gigi jika bibir atau mulut Anda sering kering denganbegitu dkter bisa merekmendasikan obat kumur atau pasta gigi yang pas dan tidak membahayakan keadaan ini.
  • Mengkonsumsi buah atau suplemen yang kaya akan kandungan kalsium, vitamin C, juga asam folat untuk mencegah gusi bengkak.
  • Pada beberapa kasus, gusi bengkak bisa juga disertai dengan nanah (abses gingiva). Saat keadaannya sudah separah itu, tindakan yang harus dilakukan adalah insia dan drainase yaitu mengeluarkan nanah dengan cara sedikit menyayat gusi agar nanah tersebut keluar dan dibersihkan sesuai dengan prosedur.

Perlu Anda ketahui, jika gusi bengkak sudah lebih dari dua minggu, maka Anda wajib berobat ke dokter dan ceritakan masalah yang sedang Anda hadapi. Demikianlah artikel tentang obat gusi bengkak, semoga isi dari artikel ini dapat membantu Anda mengatasi masalah gusi bengkak.

Leave a Reply