Burung Kamu Jarang Berkicau? Lakukan 5 Hal Ini Agar Burung Kamu Menjadi Juara Kontes Kicau!

Tips Kicau-Burung kicau merupakan peliharaan primadona bagi sebagian orang, tidak terkecuali saya. Namun, kita kadang bingung kenapa burung kicau kita tidak kunjung berkicau? disitu kadang kita merasa sedih, hehe. sayangkan jika burung yang kita beli dengan harga yang bisa dibilang mahal, nganggur. mungkin teman-teman di rumah perlu melakukan hal-hal berikut ini. Baca juga: Burung kicau termahal

1. Menggunakan cermin kecil

id.aliexpress.com

id.aliexpress.com

Cermin membantu burung kamu melatih mental. Dengan begitu burung menganggap ada burung lain di sekitarnya. Keadaan ini mendukung instingnya untuk berkicau sebagai isyarat mempertahankan daerah teritorialnya dari burung lain. tidak jarang di alam bebas akan terjadi pertarungan antara burung sejenis. Begitu juga di dalam kandang. Tujuan meletakkan cermin kecil dalam kandang adalah agar burung mau membuka mulutnya. Dalam tahap ini buurng belum mengelurkan kicauannya. Jangan sekali-kali meletakkan cermin besar dalam kandang, karena itu akan mengakibatkan burung marah yang membabi buta dan mengakibatkan bulu-bulunya rontok.

2. Mempertemukan dengan burung sejenis

www.jurnalasia.com

www.jurnalasia.com

Tahap selanjutnya adalah mempertemukan burung dengan burung lain. Tahap ini melatih burung agar memiliki mental untuk mendekati burung lain. burung yang dipertemukan harus memiliki umur, penampilan dan kelihaian berkicau yang imbang. Jangan sekali-kali mempertemukan dengan burung yang lihai berkicau, ini akan membuat burung menjadi stress, tertekan mentalnya, istilahnya baper gitu. Jika sudah terlanjur maka solusinya pertemukan burung dengan lawan jenisnya.

3. Mendekatkan burung di dekat keramaian

kenarimerahsurabaya.blogspot.com

kenarimerahsurabaya.blogspot.com

Tahap ini melatih burung agar tidak stress dan panik, mengingat di arena kontes banyak orang berlalu lalang. Awalnya burung akan terbang kesana-kemari, tapi jika sudah terbiasa hal tersebut tidak akan lagi terjadi. Baiknya burung letakkan diteras rumah agar terbiasa dengan suasana keramaian.

4. Memutar mp3 mastering burung kicau

esciencecommons.blogspot.com

esciencecommons.blogspot.com

Jika tiga tahap diatas sudah dilakukan dengan baik dan benar, maka dapat dipastikan burung sudah tidak mudah stress atau panik lagi. Ketika mentalnya sudah stabil maka lakukan tahap ini, tahap memutarkan mp3, hal ini bermanfaat agar burung dapat berkicau lebih variatif dan sebagai tahap belajar berkicau.

5. Pancing dan rangsang birahi burung

shopping.rspb.org.uk

shopping.rspb.org.uk

Setelah belajar berkicau lakukan tahap perangsangan, tahap ini sedikit rumit tapi bagi kmau yang maniak burung, tahap ini bukanlah hal yang sulit. Kicauan burung dipengaruhi oleh beberapa hormon, yang dimana ketiga hormon tersenut akan rangsangan birahi burung. Ketiga hormon yang saya maksud adalah hormontestoteron, estrogen, dan porgesteron.

bagaimana cara memperoleh rangsangan tersebut? Caranya membangkitkan ketiga hormon tersebut terletak pada pola perawatan burung sehari-hari. Seperti:

  1. Pemberian pakan yang kaya akan protein.
  2. Perawatan sehari-hari burung, seperti mandi, berjemur dan kesehatan burung.

Burung akan berkicau saat birahinya optimal, ketika birahi burung over maka ia akan bergerak secara agresif dan tentunya kurang baik untuk kedepannya. Kapan birahi burung berada pada keadaan yang optimal? ketika kita memberi pakan yang kaya akan protein, ketika asupan protein pada pakan dirasa pas jangan ditambah lagi agar tidak over.

Ketika burung sudah melalui kelima tahap tersebut bisa dipastikan burung kamu sudah siap manggung. Untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan burung pada kontes, ingat kuncinya adalah birahi burung dlam keadaan yang optimal, cara-cara berikut ini sangat baik diterapkan saat ingin mengonteskan burung.

  1. Biasakan burung untuk mandi setiap pagi hari.
  2. Menjemur burung antara 15-60 menit (dilakukan secara bertahap) setiap pagi, cahaya matahari mengandung sinar inframerah yang sangat berguna untuk mengoptimalkan hormon-hormon vital dan birahi burung.
  3. Memberi makanan yang berkualitas, seperti buah, biji-bijian, dan telur puyuh.
  4. Melakukan pendekatan dengan burung kita, hal ini berguna untuk membangun rasa aman dan kepercayaan burung kepada kita.

Contoh makanan sehat yang bermanfaat untuk mengoptimalkan hormon-hormon dan birahi pada burung kicau.

Bahan : Apel Merah, Telur Puyuh rebus, dan Kroto segar.

www.herbsnbirds.com

www.herbsnbirds.com

Cara membuat:

  1. Kupas Apel Merah, belah menjadi empat bagian, kemudian parut.
  2. Kupas 4 butir telur puyuh kemudian hancurkan.
  3. Campurkan parutan apel dengan telur puyuh,
  4. Kemudian campurkan kroto segar dengan parutan apel sebanyak 4 sendok teh.

Catatan : berikan makanan ini secukupnya saja, sebaiknya diberikan seminggu dua kali secara rutin, karena sifat makanan ini adalah extra bukan makanan pokok. Dan jangan sekali-kali memadukannya dengan Extra Fooding, ini bertujuan agar burung bisa melahap pakan extra ini dengan baik dan mengoptimalkan hormon burung.

 

 

Leave a Reply