Obat Alergi Gatal dan Pemicunya

0
72

Obat Alergi Gatal dan Pemicunya

Obat Alergi Gatal

Jika Anda pernah atau bahkan sering merasa gatal setelah mengonsumsi atau menyentuh sesuatu, bisa jadi itu merupakan reaksi alergi. Ketika Anda mengalami hal tersebut, cobalah untuk mengingat kembali makanan apa yang baru dikonsumsi atau benda apa yang baru saja disentuh. Hal ini penting dilakukan agar Anda dapat menghindari kontak dengan pemicu alergi. Anda dapat pula mengatasi kondisi tersebut dengan konsumsi obat alergi gatal yang sesuai. Sebelum membahas ragam obat tersebut, mari kita kenali apa itu alergi serta pemicunya.

Alergi dan pemicunya

Reaksi alergi dapat dipicu oleh berbagai faktor. Mulai dari zat tertentu yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi, bulu binatang, atau bahkan tanaman. Kondisi lingkungan atau cuaca ternyata juga bisa menjadi faktor penyebab alergi. Beberapa pemicu alergi yang umum dijumpai adalah sebagai berikut:

  • Bulu binatang

Bulu binatang seperti kucing atau anjing biasanya bisa memicu alergi. Reaksi ini dapat muncul baik dengan kontak secara langsung dengan hewan maupun kontak tidak langsung seperti berada satu ruangan dengan hewan tersebut.

  • Gigitan serangga

Pemicu ini sangat sering kita jumpai. Gigitan atau sengatan serangga seperti lebah juga dapat memicu reaksi alergi. Bahkan ada pula orang yang memiliki alergi terhadap gigitan ular meski tidak berbisa sekalipun. Meski berukuran sangat kecil, tungau debu ternyata juga bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang.

  • Konsumsi obat

Meski dimaksudkan untuk menyembuhkan penyakit, namun konsumsi obat tertentu seperti penicillin seringkali menimbulkan alergi dan gatal-gatal pada kulit.

  • Konsumsi protein

Tidak semua orang bisa menikmati semua jenis makanan. Beberapa orang dapat mengalami alergi ketika mengonsumsi makanan yang mengandung protein baik nabati maupun hewani, seperti seperti gandum, kacang, susu, telur, dan kerang.

  • Serbuk sari dari tanaman tertentu

Beberapa orang mungkin bisa mengalami alergi ketika membaui atau menyentuh bunga atau tanaman tertentu. Hal ini disebabkan oleh adanya penolakan sistem kekebalan tubuh terhadap serbuk sari tanaman tersebut.

  • Suhu dingin atau panas

Ketika kita berada pada tempat yang bersuhu dingin atau sebaliknya, terkadang tubuh akan merasa gatal. Kondisi ini mungkin terjadi jika Anda memiliki alergi terhadap suhu tertentu.

  • Air yang kurang bersih

Tidak hanya suhu saja, kondisi air yang kurang bersih juga dapat memicu reaksi alergi.

Obat alergi gatal

Alergi sebenarnya merupakan hasil dari mekanisme sistem kekebalan tubuh dalam merespons zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Zat asing inilah yang kemudian disebut sebagai allergen atau pemicu alergi. Meski biasanya cenderung aman bagi tubuh, namun sistem imun mendeteksinya sebagai zat berbahaya. Hal ini akan menimbulkan rasa gatal yang disertai bentol kecil dan ruam pada kulit. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan dapat ditangani dengan konsumsi obat alergi gatal.

  1. Antihistamin

Mekanisme tubuh manusia secara alamiah memproduksi zat kimia histamin yang dapat memicu reaksi alergi. Konsumsi obat antihistamin dapat menurunkan kadar zat kimia ini sehingga rasa gatal dapat berkurang.

  1. Obat atau salep kortikosteroid

Obat alergi gatal yang satu ini biasanya tersedia dalam obat minum dan obat oles atau salep. Obat yang  mengandung kortikosteroid sangat efektif untuk meredakan sensasi gatal akibat alergi.

Itulah beberapa obat alergi gatal yang dapat Anda gunakan. Namun jika reaksi alergi Anda masih belum membaik, sebaiknya lakukan penanganan medis. Anda dapat menghubungi dokter di Halodoc melalui Chat dan Voice/Video Call untuk konsultasi yang lebih mendalam agar alergi dapat teratasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here