5 Tips Persiapkan Sufor untuk Si Kecil yang Baru Lahir

0
136

5 Tips Persiapkan Sufor untuk Si Kecil yang Baru Lahir

Sebagai asupan utama si kecil, ASI merupakan sumber nutrisi terbaik. Terutama untuk si kecil yang masih bayi atau bahkan baru lahir, kandungan nutrisi pada asi sangat diperlukan. Namun terkadang pada kondisi tertentu, mom mengalami permasalahan dalam memproduksi asi. Entah itu produksi asi berkurang, ataupun sama sekali tidak bisa memproduksi. Dalam menghadapi permasalahan seperti ini, tentunya sufor menjadi andalan moms untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Memilihkan sufor dengan kandungan sebaik atau hampir mendekati ASI itu tidaklah mudah mom. Belum lagi kita sebagai orang tua benar-benar harus aware apakah terhadap kondisi kecil juga. Apakah si kecil memiliki riwayat alergi terhadap zat atau nutrisi tertentu.

Mom, berikut ini tips atau langkah yang harus mom lakukan saat mempersiapkan sufor untuk si kecil yang masih bayi atau baru lahir

Memastikan alat atau wadah sufor steril

Perlu diketahui mom, kondisi saat bayi sangat rentan terhadap bibit penyakit, kuman atau pun kotoran. Pasalnya pada usia ini sistem imun si kecil masih belum terbentuk secara kuat. Maka yang harus mom lakukan adalah mensterilkan semu alat atau wadah yang berkaitan dengan asupan yang masuk kedalam tubuh si kecil. Termasuk juga wadah dan juga tempat menyimpan susu untuk si kecil.

Untuk mensterilkan wadah dan alat tersebut bisa dengan menggunakan air yang mendidih atau menggunakan deterjen khusus untuk mencuci peralatan bayi. Tujuannya agar peralatan yang digunakan terbebas dari kuman mom

Pastikan sufor aman dari Kontaminasi

Sistem kekebalan tubuh atau imunitas bayi masih sangat rentan dan belum terbentuk secara kuat. Penting bagi mom untuk memastikan asupan yang masuk dalam tubuh si kecil bebas dari kontaminasi. Kontaminasi itu sendiri bisa berupa  bakteri, zat berbahaya atau pun suhu yang tidak sesuai. Dalam hal ini moms harus benar-benatr meastikan apakah produk yang digunakan belum kadaluarsa, terbungkus aman dan juga dalam hal penyimpanan, apakah sudah tersimpan pada tempat yang steril dengan suhu yang tepat. Mom kontaminasi juga bisa berkaitan dengan air yang digunakan untuk menyeduh sufor tersebut sesuai dengan point berikutnya.

Gunakan Suhu air yang tepat

Dalam proses penyeduhan, gunakan suhu air yang tepat agar saat melarutkan bibit penyakit yang masuk mati. Mom disarankan menggunakan  air dengan suhu 70 derajat celcius untuk awal pelarutan sufor. Kemudian campur air dingin masak yang steril untuk mencampur larutan tersebut agar menjadi hangat.

Perhatikan komposisi sufor si kecil

Untuk memastikan sufor yang sesuai untuk si kecil, maka mom jangan lupa untuk selalu memperhatikan komposisi kandungan nutrisi serta kapasitas nutrisi dalam sufor tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya reaksi dari bayi karena mom tidak tahu bahaw dalam sufor yang digunakan terkandung zat atau nutrisi yang tidak sesuai dengan sistem tubuh bayi kita.

Memberikan si kecil sesuai takaran tidak boleh lebih atau kurang

Hal yang tak kalah penting adalah memberikan si kecil asupan susu sesuai dengan takaran yang pas  baik itu kapasitasnya maupun kuantitasnya. Maka moms harus benar-benar membaca dan memperhatikan aturan serta takaran pembuatan nya. Karena tentunya setiap tahapan usia takaran dan kuantitas asupan sufor nya pasti tidak akan sama.

Lima tahapan persiapan diatas berikut harus benar-benar dipahami mom. Agar si kecil bisa mengkonsumsi asupan sufor dengan aman dan kebutuhan nutrisi nya pun tetap terpenuhi meskipun bukan dari ASI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here